Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

Prof. Dr. Soekandar, Sosok Dibalik Nama Rumah Sakit Umum Daerah Mojosari

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.Net – Mojokerto, Prof. Dr. Soekandar adalah salah satu tokoh pergerakan yang namanya diabadikan sebagai nama rumah sakit umum daerah di Mojosari. Meski demikian, tidak banyak yang mengenal sosok Dr.Soekandar. Nama beliau juga pernah tertulis dalam buku buatan penjajah jepang dengan judul Orang Indonesia Yang Terkemuka di Jawa.

Dalam buku tersebut, tercatat Dr. Soekandar lahir pada 20 Juni 1900 di Gudo, Kabupaten Jombang. Serta menceritakan berbagai pendidikan yang beliau tempuh semasa mudanya. Bermula dari sekolah tingkat dasar di Europeeshe Lagere Shcool ( ELS ), Algemeene Middelbare School ( AMS ) kedua pendidikan itu beliau tempuh di Malang. Kemudian Dr. Soekandar melanjutkan pendidikannya di Nederlandsch Indische Artsen School ( NIAS ) atau Sekolah Dokter Jawa Surabaya, yang merupakan cikal bakal berdirinya Universitas Airlangga ( UNAIR ).

Dalam pendidikan tersebut beliau menyandang gelar Inlandsch Art atau Dokter Jawa. Kemudian beliau diangkat sebagai dokter di Kabupaten Mojokerto dengan jabatan semacam Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten. Dengan bekal ilmu dan jiwa nasionalisme yang tinggi, membuat Dr. Soekandar tergabung ke organisasi Partai Indonesia Raya ( Parindra ). Beliau dipercaya sebagai Ketua Pemuda Rakyat Indonesia ( PRI ).

Selain itu prestasi yang beliau raih di antaranya, ditunjuk sebagai Ketua Palang Merah Mojokerto, Anggota Dewan Kota Mojokerto ( sebagai legislator setelah R.P. Soeroso ). Hingga pasca proklamasi kemerdekaan RI, secara aklamasi Dr. Soekandar ditunjuk menjadi Bupati Mojokerto ke 10 sekaligus Bupati pertama setelah kemerdekaan RI.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial