Mengupas Sejarah Goa Jepang Watukosek Gempol Pasuruan

""

PortalArjuna.net, Pasuruan – Goa Jepang Watukosek adalah sebuah situs sejarah di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, berupa goa persembunyian dan penyimpanan yang dibangun untuk keperluan militer di bagian timur laut Gunung Penanggungan pada masa kolonial. Beberapa dari mereka telah runtuh dan yang lain telah digali.

Goa Jepang banyak ditemui di sudut – sudut tanah air , mulai dari pantai hingga daerah pedalaman. Termasuk di Gunung Prahu, Watukosek Gempol Pasuruan. Jika di tempat lain, hanya ada satu atau dua gua Jepang. Namun, Goa Jepang di Gunung prahu Jumlahnya ada 12.

Pada awalnya, tidak banyak orang yang tahu bahwa Gunung Prahu – sebenarnya bukan gunung, tetapi bukit kecil menyimpan jejak balentara Jepang. pemuda Desa Ngrawang di Desa Watukosek, Kabupaten Pasuruan Gempol yang menemukan gua-gua Jepang.

Bergabung dengan komunitas Bongso Alus, para pemuda Dusun Ngelawang dengan cermat mencari, menelusuri, mencari jejak di sisi barat Gunung prahu, dan akhirnya menemukan 12 gua Jepang. Tentu saja, penemuan itu menyebar dengan cepat. Gua Jepang di Gunung Prahu juga menjadi objek wisata dadakan.

Goa Jepang ini dianggap sebagai warisan Jepang dan telah lama dikenal. Tetapi baru pada tahun 2017 pemuda setempat mulai membersihkan. Sejak itu, menjadi objek wisata yang dikelola oleh desa.

Warga yang penasaran ingin melihat bangunan tersebut tidak akan kesulitan. Lokasinya kurang lebih 200 meter dari jalur Pasuruan-Mojokerto. Sehingga mudah dijangkau dengan berjalan kaki, dengan kuda, sepeda motor atau mobil.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.