Mahasiswa Ilmu Komunikasi Ajak Santri Ngalah Mengenal Literasi Digital Melalui Kegiatan “Melek Literasi Digital”

""

PortalArjuna.Net – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester 6 Universitas Yudharta Pasuruan (UYP) menggelar kegiatan Melek Literasi Digital. Kegiatan yang berpusat di Kantor MQ. Pondok Pesantren (Ponpes) Ngalah tersebut berlangsung pada Kamis (23/06/2022).

Beberapa Mahasiswa yang ikut andil dalam kegiatan ini antara lain, Sholeh Bahrudin, Nila Rizqiyah, Silvya, dan Syukron Al-Baidowi. Mereka sengaja melaksanakan kegiatan ini tentunya untuk mengajak para santri, khususnya santri asrama M Ponpes Ngalah untuk mengenal bagaimana cara mensharing berita ditengah kebebasan penggunaan media sosial saat ini. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi para santri agar tidak mudah terpengaruh dengan berita Hoax.

“Kami disini senang bisa menyalurakan sedikit ilmu yang kami ketahui tentang Literasi Digital kepada adik-adik santri asrama M. Karena seperti yang kita tau, bahwa di pondok pesantren seperti ini, kita sedikit sulit untuk mendapatkan informasi, tapi sekalinya mendapatkan informasi, pasti informasi atau berita tersebut langsung tersebar padahal kita belum tau berita tersebut nyata atau sekedar Hoax. Untuk itulah, kehadiran kami disini untuk membuka wawasan kepada adik-adik santri agar lebih bijak dalam menerima informasi dan penggunaan media sosial saat ini,” Jelas Sholeh Bahrudin.

Ia juga menuturkan bahwa Melek Litersi Digital ini sangat penting diera saat ini, bukan hanya untuk santri namun untuk semua kalangan, khususunya Generasi Milenial yang setiap harinya berkutat dengan media sosial.

Tak hanya tanggapan dari Sholeh Bahrudin saja, salah satu santri asrama M juga mengungkapkan pentingnya Melek Literasi Digital.

“Dari kegiatan ini saya mendapatkan banyak ilmu baru yang mungkin di sekolah belum saya pelajari. Dari kegiatan ini juga saya bisa mengetahui ternyata tidak semua berita dapat kita percayai begitu saja, tapi kita juga harus pandai dalam menerima informasi atau berita,” Ujar Nauvan, santri asrama M yang masih duduk dibangku SLTA.
(AN)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.