Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Gelar Literasi Digital, Cara Memilih dan Memilah Media Yang Layak dikonsumsi Oleh Para Remaja di Era Digital Saat Ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.net. Media dikenal sebagai alat informasi, menyalurkan informasi ataupun pesan dari sebuah sumber pada pihak penerima pesan. Penyebaran informasi pada era digital sangatlah perlu di perhatikan, sebab tidak ada batas dalam proses penyebaran informasi, terutama pada media yang isinya mengandung informasi menyesatkan dan menjerumuskan opini publik.

Hal ini menjadi alasan diadakannya kegiatan Literasi Digital yang di gelar oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi pada Senin, 27 Juni 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi para remaja agar mereka dapat memilih dan memilah media yang akan di konsumsi. Beberapa Mahasiswa yang andil dalam kegiatan ini antara lain Winda Maulidiah, Devi Makhfuziyah serta Nafisah Alyfah.

Dalam proses kegiatan Sharing Disscusion, mereka sangat antusias mendengarkan dan mempelajari beberapa poin yang disampaikan, seperti mengenal fungsi media, Dampak dari media dani tips-tips menghadapi media. Pada kegiatan itu pula mereka mengangkat salah satu contoh issue yang sedang hangat dan berdiskusi mengeluarkan pendapat sesuai opini masing-masing.

“Saya sangat senang terhadap kepekaan yang dimiliki oleh para peserta yang hadir dalam kegiatan sharing diskusi ini, kekhawatiran terhadap konsumsi media sangatlah penting di butuhkan, tidak hanya kepada remaja namun juga siapapun yang bermain media sosial. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini akan semakin mengenal fungsi media dengan baik dan dapat menggunakannya dengan bijak” Jelas Winda selaku salah satu narasumber kegiatan.

Dengan ini mereka dapat menerapkan dalam kehidupannya, serta dapat diterapkan pada orang lain. Sehingga mereka dapat menunjukkan mana media yang layak dikonsumsi oleh remaja. Karena dengan salah memilih dan memilah suatu tayangan dalam media tersebut maka akan terjerumus dalam hal negatif. “semoga mereka dapat mengerti mana sisi baik dan buruknya dari media yang sudah kami jelaskan” ujar Devi.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial