Merespon Kebutuhan Desa dalam Perencanaan, APDI Pasuruan Gelar Pelatihan Penyusuan RPJMDesa

""

Asosiasi Pendamping Desa Indonesia (APDI) Cabang Pasuruan menggelar pelatihan penyusunan dokumen RPJMDesa di aula Balai Pertanian Wonorejo (20/6/2022)

Ketua APDI Pasuruan M. Rochim mengatakan, pelatihan tersebut digelar untuk menjawab kebutuhan desa terkait perencanaan pembangunan jangka menengah desa selama enam tahun kedepan.

“Pelatihan ini bertujuan agar kepala desa yang baru saja menjabat memahami apa saja tahapan dalam proses menyusun RPJMDesa,” ujar rochim dikutip dari keterangannya.

Dia menambahkan, bukan hanya proses penyusunannya saja, tapi diharapkan pemerintah desa mampu meramu usulan masyarakat, analisis kebutuhan desa, dan visi misi kepala desa menjadi sebuah dokumen perencanaan arah pembangunan selama enam tahun kedepan.

Selain itu, Akhmad Hidayat selaku Koordinator TPP Kabupaten Pasuruan juga berharap kepada peserta yang terdiri dari TPP Pasuruan sesuai wilayah dampingan yang ada Kades baru terpilih, untuk betul-betul mendampingi dan memfasilitasi desanya dengan intensif untuk mewujudkan perencanaan desa yang terarah dan visioner.

“Saya berharap teman-teman Pendamping Desa melakukan pendampingan dalam menyusun perencanaan desa sampai tuntas, agar terwujud RPJMDesa yang betul-betul menggambarkan kondisi dan kebutuhan desa.”

Dia menambahkan, ada 54 desa di Kabupaten Pasuruan yang baru saja melaksanakan Pilkades, sehingga perlu pendampingan dari TPP dalam proses pembuatan dan penyusunan RPJMDesa.

Kontributor: Sahlullah

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.