Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

PKPT IPNU-IPPNU Yudharta Cetak ‘Kader Hebat Bermartabat’ Melalui Latihan Kader Muda

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.net – Untuk pertama kalinya Pimpinan Komisarat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Yudharta menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan yang berpusat di Pondok Pesantren Paeling, Sumberyudo, Cendono, Purwosari tersebut, berlangsung selama tiga hari pada Minggu-Selasa (26-28/06/2022).

Tujuan dari Lakmud sendiri tak lain untuk meningkatkan pemahaman para kader PKPT IPNU-IPPNU Yudharta mengenai konsep keilmuan Ahlusunnah Wal Jamaah (Aswaja), serta mampu menerapkannya ke dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan tema yang diangkat, yakni ‘Menuju Kader Hebat Bermartabat’.

Muhammad Fauzi, selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa untuk menjadi peserta Lakmud, para peserta harus melewati beberapa tahapan.

“Untuk tahapan mengikuti Lakmud, para kader diminta untuk mengisi pendaftaran terlebih dahulu, kemudian melengkapi persyaratan lain seperti mempunyai sertifikat Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA), bersedia mengikuti kegiatan sampai akhir dan mengikuti tahap screening. Dimana pada tahap ini tidak semua peserta bisa lolos, hanya mereka yang memenuhi persyaratan saja yang mampu lanjut menjadi peserta Lakmud. Untuk mereka yang tereliminasi, kita tunda terlebih dahulu,” Terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pada pelaksanaan perdana Lakmud ini menghadirkan pemateri-pemateri hebat dan tentunya memiliki wawasan yang luas.

“Beberapa pemateri yang kami hadirkan diantaranya Ust. Vawrak Tsabat yang merupakan Dosen Ma’had Aly Lirboyo dan Penulis Buku Trilogi Musik, Ust. Subadar yang merupakan Korbid pengkaderan PCNU, Bapak Khoirul Huda yang tentunya tidak asing bagi kita yakni Wakil Rektor III Universitas Yudharta Pasuruan, dan masih banyak lagi,” Jelasnya.

Untuk menyukseskan acara ini, PKPT IPNU-IPPNU Yudharta turut bekerja sama dengan Pondok Pesantren Paeling dan beberapa alumni yang berdomisili di sekitar Desa Cendono.

“Alhamdulillah, selama tiga hari pelaksanaan Lakmud itu hampir tidak ada kendala, hanya ada beberapa faktor alam yang membuat beberapa kegiatan tidak sesuai jadwal. Namun selebihnya acara berjalan lancar dan sukses,” Tuturnya.

Muhammad Fauzi menilai, para peserta Lakmud sangat antusias saat pelaksanaan Lakmud berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan para peserta yang saling melontarkan pertanyaan-pertanyan kepada pemateri, ketanggapan peserta dalam menerima materi dan kekritisan mereka dalam mendiskusikan materi-materi yang telah didapat.

Wakil Ketua 1 PKPT IPNU Yudharta tersebut berharap, setelah adanya Lakmud ini para kader PKPT IPNU-IPPNU Yudharta mampu membawa perubahan, baik bagi diri mereka masing-masing maupun bagi organisasi PKPT IPNU-IPPNU Yudharta.

(AN)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial