Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 24 April 2024

Mahasiswa KKN Universitas Yudharta Pasuruan Melakukan Pendampingan Pembuatan Pupuk Organik (MOL)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.net- Kelompok 16 KKN Universitas Yudharta Pasuruan melakukan berhasil melakukan pendampingan pembuatan pupuk organik (MOL) bersama ibu-ibu PKK Dusun Kejoren, Desa Gerbo, Kecamatan Purwodadi pada Rabu (20/07/2022).

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Yudharta Pasuruan yang diikuti lebih dari 600 mahasiwa, sangat membawa dampak yang besar bagi masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh KKN Kelompok 16 yang menetap di Desa Gerbo.

Syahrul Maulana Ishak, selaku mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan sekaligus sebagai orang yang melakukan pendampingan pembuatan pupuk organik mengatakan, bahwa sampah organik masih sangat berguna jika kita tau cara pengolahannya.

“ketika kita bisa mengolah sampah yang ada, selain lingkungan menjadi bersih, kita juga bisa menyuburkan tanah yang ada disekitar rumah kita. Bahannya pun sangat sederhana dan cara pembuatannya mudah” Ujarnya.

Dalam kegiatan yang dilakukan selama 1 jam tersebut, para ibu-ibu diminta untuk membuat pupuk organik dengan bahan yang sudah disediakan oleh teman-teman KKN, diantaranya ada beberapa sayur busuk, nasi basi dan beberapa botol bekas air mineral.

Syahrul juga mengungkapkan bahwa pembuatan pupuk organik ini bisa dilakukan dimana saja dan manfaatnya sangat besar sekali bagi pertanian disekitar. Selain itu ketika proses fermentasi yang dinilai berhasil, pupuk organik ini pun bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

“selain bisa dipakai sendiri, ini juga bisa dijual dengan harga yang cukup mahal” tambahnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial