Buka Wawasan yang Cemerlang, RA Hidayatus Salafiyah Adakan Pembelajaran Diluar Ruangan

""

PortalArjuna.net- Usia dini merupakan masa emas dalam pertumbuhan dan perkembangan baik secara fisik, emosional, sosial, dan intelektual. Pada masa ini dibutuhkan stimulasi secara optimal sehingga potensi yang dimiliki oleh anak dapat berkembang dan bertumbuh secara optimal.

Intervensi melalui pembelajaran merupakan salah satu tempat yang tepat untuk mengembangkan potensi anak. Pada pembelajaran dirancang secara sistematis sehingga memberi kemudahan cara pengukurannya.

Pada saat ini pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) belum menekankan pada peningkatan kemampuan kognitif secara optimal. Salah satu cara mengembangkan kognitif yakni dengan bermain. Dalam kegiatan bermain anak-anak akan mendapatkan kemampuan mengenal, mengingat, berpikir konvergen, divergen, serta memberi penilaian.

Aspek perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan dan hal ini juga merupakan pembelajan di TK atau RA. Dengan kemampuan kognitif akan dapat membedakan mana yang benar maupun salah, mana yang harus dilakukan atau dihindarin. Bagaimana harus bertindak dan sebagainnya yang intinya seseorang tersebut dapat memecahkan masalah dalam kehidupannya.

Pembelajaran dalam hal ini, diterapkan oleh RA Hidayatus Salafiyah Gerbo dengan menerapkan pembelajaran diluar ruangan bersama yang berlokasikan di lembah gunung tumpeng.

Pelajaran yang diajarkan oleh guru pembimbing RA, seperti memberikan edukasi tentang alam dengan memberikan contoh menggambar alam secara langsung.

“Anak-anak kami ajarkan bagaimana cara mereka menggambarkan alam menurut pandangan dari setiap anak, pastinya tidak ada yang sama. Juga kami ajak para ibu-ibu dari wali murid makan bersama dengan membawa bekal dari rumah” ujar salah satu guru RA Hidayatus Salafiyah. (Rabu, 28/09/2022).

Beliau juga menambahkan dengan adanya pembelajaran diluar ruangan seperti ini, diharapkan untuk kedepannya anak-anak bisa lebih mengenal alam lebih jauh lagi tentang pentingnya alam bagi kehidupan, serta tetap menjaga alam agar tetap bersih.

(Puji)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.