Dukung Kualitas Pembelajaran, Prodi Ilmu Komunikasi da Prodi Teknik Informatika Selenggarakan Workshop Buku Ajar

""

Portalarjuna.net-Pasuruan, Pada hari Sabtu (21/09/2022) bertempat di Hall Meeting Lt.2 Gedung Nusantara Universitas Yudharta Pasuruan, diadakan Workshop penulisan Bahan ajar bagi dosen-dosen Program Studi Ilmu Komuniksai dan Program Studi Teknik Informatika. Pada kesempatan ini, pelaksana mengundang narasumber workshop yakni  Dr. Redy Panuju, Msi Dosen Universitas DR. Soetomo Surabaya.

Diselenggarakannya kegiatan merupakan upaya dari prodi Ilmu Komunikasi dan Teknik Informatika untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui mata kuliah yang diajarkan . Dosen pengampu mata kuliah menulis bahan ajar agar sesuai dengan kompetensi yang diharapkan saat ini. Oleh sebab itu, Pentingnya menulis buku ajar bagi dosen, pada akhirnya mau tidak mau menjadikan dosen harus “sadar dan melek” sesuai tuntutan perkembangan dan kualitas pendidikan.

Workshop bertajuk “Meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas dosen melalui produktifitas tulisan dalam bentuk buku ajar” ini diawali dengan penyampaian materi sekaligus pengalaman oleh narasumber sebagai upaya mendorong dosen menghasilkan buku ajar. Selanjutnya dilakukan tanya jawab dengan peserta. Bagi dosen yang sudah mempunyai kerangka buku ajar yang akan di susun, dapat dikonsultasikan kepada narasumber untuk mendapatkan masukan, koreksi dan arahan.

Redi Panuju penulis sekaligus Dosen Unitomo Surabaya, menjelaskan bahwa bahan ajar berfungsi sebagai pedoman bagi pendidik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada mahasiswa; pedoman bagi mahasiswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya; dan alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.

Diharapkan workshop ini akan memberikan pemahaman akan pentingnya buku ajar dalam kegiatan pembelajaran juga sebagai sarana teknis dan interaksi akademis dalam menyampaikan pengetahuan kepada mahasiswa secara lebih mudah dan dipahami. (Irn)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.