Latih Keterampilan Kerja, Universitas Yudharta Pasurauan Lepas Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Ikuti Magang Di Perusahaan Media

""

Portalarjuna.net-Pasuruan,Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan melepas sebanyak 16 Mahasiswa untuk mengikuti program magang MBKM di perusahaan media. Diantarnya yakni magang di media televisi TV9, JTV, TVRI serta media pemberitaan cetak Radar Bromo Pasuruan dan media pemberitaan online KabarPas.com.

Bertujuan untuk memberikan kesempatan dan pengalaman pembelajaran (experient learning) pada mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dan skill yang lebih riil tentang dunia kerja, dinamika bekerja dalam tim, pentingnya kedisiplinan, etika dan profesionalitas. Melalui magang kerja ini nantinya terbentuk keseimbangan teoritis akademik dan praktik lapangan yang mendukung kompetensi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi.

Mahasiswa wajib melaksanakan magang kerja selama 4 bulan. Sedangkan Untuk penempatan setiap mahasiswa di beberapa unit kerja di tempat magang, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan mempercayakan sepenuhnya kepada lembaga/institusi mitra tempat magang. Dalam hal ini, Prodi Ilmu Komunikasi sudah melakukan koordinasi terkait kegiatan magang di instansi media yang dilaksanakan pada bulan Agustus lalu.

“Program magang ini memberikan wadah untuk mahasiswa dalam meningkatkan skill dalam bidang jurnalistik, program TV, dan materi lain yang selama ini hanya dipelajari di kelas secara teori saja nantinya dapat praktikkan langsung di tempat magang”, kata Zainul Ahwan dalam acara pembekalan mahasiswa magang. (14 September 2022)

Adapun 16 mahasiswa yang mengikuti magang dengan rincian sebagai berikut, 3 mahasiswa magang di JTV, 3 Mahasiswa di TVRI dan 4 Mahasiswa di TV9, 4 Mahasiswa di KabarPas.com dan 2 mahasiswa di Radar Bromo Pasuruan

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan mempunyai visi Menjadi Program Studi Komunikasi yang unggul dalam bidang Media dan Humas. Salah satu misinya dalam upaya mencapai visi tersebut yaitu mengembangkan sumberdaya manusia yang unggul untuk mendukung bidang komunikasi dibidang media dan humas diskala nasional. Untuk merealisasikan misi tersebut, mahasiswa Ilmu Komunikasi dibekali dengan berbagai Mata Kuliah dengan muatan materi toritis dan paraktis. Pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023 ini, mahasiswa semester 7 mendapatkan kesempatan melakukan Magang Kerja di media TV9, JTV dan TVRI.

“alhamdulillah senang sekali dapat mengikuti magang MBKM, harapannya nanti bisa lebih mengerti dan mengetahui riil bidang media di dunia kerja itu seperti apa, semoga bisa melakukan tugas dengan baik dan lancar hingga 3 bulan kedepan, aamiin”, ujar Rena mahasiswa magang  MBKM semester 7.

Magang kerja ini masuk dalam kategori kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa diberikan kesempatan belajar diluar kampus untuk mendapatkan pengalaman yang cukup guna mendukung keilmuan akademik.

Melalui pelaksanaan magang kerja, mahasiswa diharapkan akan mendapatkan gambaran yang lebih riil tentang dunia kerja, pengalaman kerja, dinamika bekerja dalam tim, pentingnya kedisiplinan, serta etika dan profesionalitas. Di samping itu, magang kerja juga dapat membangun jaringan sehingga pada saat nanti sudah lulus dan bekerja, mahasiswa mampu menerapkannya sesuai dengan profesi yang diemban di tempat kerja. (Irn)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.