Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 4 Oktober 2023

Jelajah Wisata Gapura Candi Belahan 1 dan 2

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Pasuruan – Team KKNT kelompok 4 Universitas Yudharta Pasuruan menjelajahi situs bersejarah dan kaya akan budaya local pada Jum’at (16/0623). Situs ini terletak di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan yang merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit yakni Gapura 1 dan gapura 2.

Situs ini menawarkan keindahan alam dengan reruntuhan bangunanya dan memperlihatkan betapa luasnya kerajaan majapahit zaman dulu. kegiatan ini di lakukan pada pagi hari, bermula saat team KKNT berjalan jalan ke Candi Belahan atau sering dikenal dengan Sumber Tetek. Mereka bertemu dengan warga lokal yang berada di Sumber Tetek untuk berbincang- bincang. Warga setempat mengatakan bawasannya sebelum masuk ke Sumber Tetek team KKNT harus pergi ke gapura 1 dan gapura 2 terlebih dahulu, karena gapura tersebut dilambangkan sebagai pintu masuk ke Sumber Tetek.

Selama perjalanan team KKNT juga disuguhi oleh indahnya Gunung Penanggungan atau Pawitra yang sangat gagah dari kejahuan, sepanjang jalan pemandangannya juga masih sangat asri dan alami. Team KKNT mulanya berjalan mengendarai motor kemudian dilanjut dengan berjalan kaki untuk sampai ke lokasi. untuk bisa sampai ke Gapura, team KKNT harus melintasi sungai, persawahan dan juga banyak pohon besar yang menjulang ke atas. Sesampainya di lokasi, pesona kerajaan terkesan sangat indah ditambah dengan cahaya mentari pagi yang menambah keelokan culture destinasi cagar budaya Gapura ini.

Gapura 1 dan 2 dijuluki warga setempat dengan nama gapura lanang dan gapura wadhon. Gapura Wadhon atau Gapura 2 menawankan pemandangan indah dan banyak bunga-bunga yang dapat memikat mata. Tempat Gapura 2 tidak jauh dari gapura yang pertama.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial