Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Tingkatkan kinerja penelitian dan abdimas, prodi ilmu komunikasi univ. Yudharta gelar lokakarya roadmap dan pedoman penelitian dan pengabdian masyarakat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Pasuruan – Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) di Universitas Yudharta Pasuruan mencatat inovasi pembelajaran yang signifikan dalam matakuliah Ilmu Komunikasi. Kegiatan berfokus pada pembuatan Modul Pembelajaran untuk Public Speaking, Manajemen Media Massa, dan Advertising sebagai bagian dari pendekatan kolaboratif antara dosen dan praktisi.

Pentingnya pembelajaran kolaboratif antara dosen dan praktisi dalam Ilmu Komunikasi menjadi pendorong utama untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Proyek ini melibatkan praktisi dari berbagai bidang, termasuk Jawa Pos Radar Bromo Pasuruan, RRI Malang, dan PT. Asia Soft. Implementasi pembelajaran berbasis proyek ini diintegrasikan dalam model hybrid (daring dan luring) untuk mendukung pembelajaran daring.

Tujuan utama kegiatan inovasi pembelajaran ini mencakup merancang modul pembelajaran untuk kebutuhan pembelajaran kolaboratif berbasis Project Based Learning, memberikan pengalaman pembelajaran berbeda melalui kelas kolaborasi dengan praktisi, dan meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Kegiatan pembuatan modul ini melibatkan forum FGD yang diadakan pada 19 Agustus 2023, melibatkan delapan dosen dan tiga praktisi terkait. Materi yang dihasilkan mencakup teknik Public Speaking, aspek periklanan dan komunikasi, serta konsep manajemen media massa. Proses penyusunan modul dilakukan mulai 19 Agustus hingga 13 September 2023.

Tiga modul matakuliah Public Speaking, Manajemen Media Massa, dan Advertising telah dihasilkan dalam berbagai format, termasuk hard file, soft file (PDF), dan video digital. Modul-modul tersebut telah diujicobakan pada semester Gasal 2023/2024 melalui pembelajaran kelas kolaborasi dan telah diintegrasikan dalam Learning Management System (LSM) Universitas Yudharta Pasuruan.

Tidak ada kendala signifikan yang dihadapi selama kegiatan inovasi pembelajaran ini. Modul-modul yang telah disusun dengan baik telah diintegrasikan ke dalam LSM Universitas Yudharta Pasuruan untuk mendukung perkuliahan.

Laporan kegiatan ini disusun sebagai bentuk informasi awal untuk pihak terkait. Terima kasih kepada semua yang telah membantu kelancaran kegiatan ini. Harapan besar bahwa keberhasilan pembuatan modul ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial