Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

Prodi Ilmu Komunikasi Gagas Program Manajemen Peningkatan Prestasi Mahasiswa

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Pasuruan – Universitas Yudharta Pasuruan telah menginisiasi program manajemen peningkatan prestasi mahasiswa Ilmu Komunikasi sebagai upaya serius dalam mendukung kompetisi nasional, khususnya Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun ke-2.

Dalam pemeringkatan perguruan tinggi, jumlah prestasi mahasiswa di kompetisi nasional menjadi kunci utama. Saat ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan telah meraih 18 prestasi nasional secara mandiri. Namun, tantangan muncul karena prestasi tersebut belum terkelola secara sistematis dan terprogram. Untuk mengatasi hal ini, prodi Ilmu Komunikasi berencana membangun Sistem Kredit Prestasi Mahasiswa (SKPM) sebagai langkah untuk memacu partisipasi dan prestasi mahasiswa.

Program ini memiliki beberapa tujuan, antara lain:
1. Mengelola peningkatan prestasi mahasiswa secara terprogram.
2. Meningkatkan kualitas pengelolaan dan prestasi nasional mahasiswa Ilmu Komunikasi.
3. Membangun sinergi antar lembaga dalam pengelolaan kompetensi dan prestasi mahasiswa.

Kegiatan dimulai dengan Forum Group Discussion (FGD) pada 4 September 2023, yang melibatkan 13 orang tim penyusun pedoman, termasuk perwakilan fakultas, BIKMA, LP3, Kepala LPPM, Kepala Unit Kewirausahaan, dan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi. Lokakarya dilanjutkan pada 14 September 2023, dengan narasumber Dr. Ido Prijana Hadi, M.Si, yang membahas rancangan pedoman manajemen prestasi mahasiswa. Materi difokuskan pada penyusunan skema kompetensi, tahapan pendaftaran, pembimbingan, penilaian, dan sinergi lembaga di Universitas Yudharta Pasuruan.

Kegiatan ini memberikan gambaran tentang manajemen pengelolaan kompetensi dan prestasi mahasiswa. Draf pedoman sedang dalam proses penyempurnaan dan diharapkan dapat diimplementasikan segera.

Proses penyusunan pedoman memerlukan koordinasi intensif dengan berbagai lembaga terkait, seperti fakultas, prodi, LP3, LPPM, Unit Kewirausahaan, BIKMA, dan kebijakan universitas. Task force telah melakukan koordinasi agar pedoman sesuai dengan kebijakan dan desain yang akan dikembangkan.

Laporan ini disusun dengan harapan dapat menjadi bahan informasi awal bagi pihak-pihak terkait. Universitas Yudharta Pasuruan berharap mendapat dukungan semua pihak untuk mensukseskan program ini, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan dan prestasi mahasiswa, mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 dan 2.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial