Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

Prodi ilmu komunikasi kembangkan kerjasama untuk mendukung MBKM

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Pasuruan – Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan terus berkomitmen untuk menghadirkan lulusan yang siap bersaing di era revolusi industri 4.0. Sebagai langkah nyata, mereka menggagas Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun ke-2 (2023) dengan fokus pada pengembangan kemitraan dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) dan perguruan tinggi.

Melalui kebijakan “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM),” pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk menjalin kemitraan yang erat dengan sektor industri. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan berupaya memperluas jaringan kemitraan dengan lima DU/DI dan tiga perguruan tinggi di Jawa Timur.

Langkah ini sejalan dengan upaya untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Pada tahun 2022, prodi ini telah menjalankan sembilan kerjasama dengan DU/DI, pemerintah, dan NGO. Pada tahun 2023, fokusnya terarah pada upaya pengembangan kemitraan yang lebih luas.

Proses pengembangan kemitraan ini mencakup penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan berbagai instansi, seperti Jawa Post Televisi (JTV), Radio Republik Indonesia (RRI) Malang, PT. Tirta Investama (Aqua), dan Yayasan Social Investment Indonesia (YISI). Begitu pula dengan perguruan tinggi, seperti Universitas Trunojoyo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Meskipun beberapa kerjasama masih dalam proses, seperti dengan RRI Malang dan JTV, Prodi Ilmu Komunikasi optimis dapat menyelesaikan semua kerjasama sesuai target yang telah ditetapkan.

Penting untuk dicatat bahwa upaya ini bukan tanpa hambatan. Perbedaan prosedur dan kebijakan di berbagai instansi mitra menciptakan tantangan dalam proses penandatanganan kesepakatan. Namun, universitas ini tetap berkomitmen untuk mengatasi kendala tersebut demi kelancaran program.

Dengan langkah-langkah ini, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan berharap dapat memberikan dampak positif terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, khususnya dalam peningkatan kualitas lulusan dan penguatan koneksi antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Program ini diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin dinamis.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial