Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan Gandeng 8 Mitra untuk tingkatkan Kualitas Lulusan di Era Revolusi Industri 4.0

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net –Pasuruan, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan lulusan yang siap bersaing di era revolusi industri 4.0. Dalam rangka mengimplementasikan komitmen tersebut, Prodi Ilmu Komunikasi menjalin kerjasama strategis dengan 8 mitra Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI), Media, NGO, dan antar Perguruan Tinggi melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun ke-2 pada 2023.

Kerjasama ini mencakup berbagai sektor, termasuk dunia industri dan usaha, media serta NGO yaitu PT. Tirta Investama (Aqua) Keboncandi Pasuruan, PT. Madinul Ulum Media Televisi Ummat (MADU TV), Yayasan Social Investment Indonesia (YISI), PT. Radio Maja Pari Indah Suara Mojokerto (MAJA FM), dan PT. DIGI Brand Indonesia (ASSIASOFT). Selain itu, terdapat kerjasama lintas perguruan tinggi dengan Universitas Trunojoyo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, serta Universitas Kristen Petra Surabaya yang dimulai pada 1 September 2023.

Dalam keterangannya, Zainu Ahwan, Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan, menjelaskan bahwa kerjasama ini mencakup dua ruang lingkup utama. Pertama, dalam Bidang Akademik, yang fokus pada penyelenggaraan kuliah tamu, pengundangan dosen praktisi, studi kunjungan, serta kegiatan seminar dibidang media dan public relations. Kedua, Bidang Pembinaan dan Pengembangan SDM, yang melibatkan penyelenggaraan program magang kerja, Kuliah Kerja Nyata (KKN), uji kompetensi, pelatihan atau workshop tentang media dan public relations.

Kerjasama dengan mitra perguruan tinggi difokuskan pada beberapa aspek, termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa, dosen tamu, seminar/konferensi bersama, publikasi artikel, pengembangan kurikulum, penerbitan buku, akreditasi, serta aktivitas lain dalam lingkup MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Mengomentari pengembangan kerjasama ini, Zainu Ahwan menegaskan bahwa diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas Prodi Ilmu Komunikasi secara kelembagaan dalam membangun kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Harapannya, langkah ini akan membawa manfaat besar dalam menghasilkan lulusan yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif. Harapnya (Ais/Agl)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial