Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Program Kompetisi Kampus Merdeka di Proi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan Dorong Kolaborasi dengan Praktisi

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net, Pasuruan – Universitas Yudharta Pasuruan mencatat langkah inovatif dalam meningkatkan kualitas lulusan dengan melibatkan praktisi dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun ke-2 di Prodi Ilmu Komunikasi. Dengan melibatkan lima praktisi dari berbagai industri, program ini bertujuan menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja dengan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Latar belakang program ini mencerminkan kebutuhan akan sinergi antara dunia pendidikan dan industri. Pada tahun 2022, Prodi Ilmu Komunikasi telah memulai program praktisi mengajar dengan enam dosen praktisi, dan pada tahun 2023, upaya ditingkatkan dengan melibatkan lima praktisi tambahan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta kompetensi mahasiswa khususnya dalam bidang media dan humas.

Tujuan dari program ini sangat jelas, yaitu meningkatkan kualitas lulusan, mengurangi potensi pengangguran, dan memberikan pengalaman pembelajaran yang dinamis dan kompetitif. Dengan melibatkan praktisi, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Pelaksanaan program mencakup berbagai tahap, mulai dari pembuatan program hingga pelaksanaan kelas kolaborasi. Workshop persiapan praktisi mengajar menjadi langkah awal dalam menyamakan persepsi mengenai materi perkuliahan. Implementasi perkuliahan dimulai pada Oktober 2023 dengan melibatkan praktisi dari perusahaan-perusahaan terkemuka seperti PT. Tirta Investama, PT. Dakwah Inti Media, PT. Media Massah Publika, Radar Bromo Pasuruan, dan PT. Asia Soft Pasuruan.

Hasil dari pelaksanaan kelas kolaborasi menunjukkan keterlibatan aktif para praktisi dalam memberikan masukan untuk penajaman rencana pembelajaran semester. Data kelas kolaborasi mencakup instansi DU/DI, nama praktisi, mata kuliah, SKS, dan dosen pengampu. Implementasi program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas lulusan Prodi Ilmu Komunikasi.

Meskipun tidak ada kendala signifikan, penjadwalan kelas kolaborasi mengalami perubahan karena jadwal pelaksanaan di Universitas Yudharta Pasuruan dimulai pada 25 September 2023. Namun, hal ini tidak menghambat kesuksesan program karena komitmen praktisi yang terlibat tetap tinggi.

Dalam penutup, laporan kegiatan ini disusun sebagai upaya transparansi dan harapan agar menjadi bahan informasi bagi semua pihak terkait. Terima kasih disampaikan kepada semua yang telah mendukung keberhasilan program kelas kolaborasi ini, yang diharapkan dapat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 4 dan IKU 1.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial