Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 11 Juli 2024

Targetkan One Student One Achievement, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan lakukan Lokakarya Manajemen Peningkatan Prestasi Mahasiswa

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net- Pasuruan, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan menggelar lokakarya bertema “Manajemen Peningkatan Prestasi Mahasiswa” bertempat di Hall Meeting Gedung Nusantara, FISIP Universitas Yudharta Pasuruan (Kamis, 14/9/2023). Hadir sebagai narasumber utama Dr. Ido Prijana Hadi, M.Si, Mantan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra sekaligus mantan Ketua Aspikom Korwil Jawa Timur dan pengurus pusat ASPIKOM periode 2022-2025.

Lokakarya ini diikuti oleh 13 peserta yang terdiri dari, Dekan FISIP, Kaprodi Ilmu Komunikasi, Kepala Biro Kerjasama dan Mitra, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran (LP3) Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Kepala Unit Kewirausahaan, Dosen Ilmu Komunikasi, dan tenaga kependidikan FISIP.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Ido Prijana Hadi, M.Si memberikan masukan materi tentang bagiaman mengelola prestasi mahasiswa secara terprogram, dalam kesempatan tersebut, Ido menyarankan agar setiap kompetisi yang diikuti mahasiswa tersinergi dengan lembaga / unit yang relevan sebagai penanggung jawab secara spesifik. Sebagai contoh, kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat dapat handel oleh LPPM, sedangkan kompetisi di bidang bahasa dihendel oleh Unit Bahasa dst. “semua lembaga / unit terkait harus disinergikan” Ujarnya

Selain itu, pemateri juga merekomendasikan penambahan unsur soft skill yang terkait dengan visi dan misi universitas sebagai distingsi. Hal ini diharapkan dapat membentuk karakter mahasiswa Universitas Yudharta sebagai individu yang memiliki soft skill multikultural dengan melibatkan Unit yang relevan, seperti Pusat Religius Pluralistik, diharapkan terlibat dalam memperkuat karakter tersebut.

Kegiatan ini berhasil menghasilkan panduan manajemen prestasi mahasiswa yang akan diintegrasikan dalam Sistem Kredit Prestasi Mahasiswa (SKPM). Data portofolio mahasiswa yang terdokumentasi dalam SKPM diharapkan dapat digunakan untuk penerbitan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Faris, Selaku koordinator dibidang aktivitas peningkatan kompetensi dan Prestasi mahasiswa Program Kompetisi kampus Merdeka (PKKM) Prodi Ilmu Komunikasi menjelaskan pedoman ini menjadi sangat penting untuk dikembangkan ke dalam sistem yang terintegrasi dan berharap agar sistem ini segera terwujud. Harapnya

Saat dikonfirmasi tim redaksi portal arjuna, Zainul Ahwan selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi menyampaikan lokakarya ini menjadi tonggak penting dalam pengembangan sistem manajemen prestasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Khusunya dan mahassiwa di Universitas Yudharta Pasuruan pada umumnya, Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen universitas dalam memberikan pengalaman pendidikan yang lebih baik dan berorientasi pada prestasi mahasiswa. Ujar kaprodi Ilmu Komunikasi yang sekaligus sebagai reviewer nasional PKM kemendikbud. (Ais/Angl)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial