Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

Tren Positif : Kegiatan MBKM Ilmu Komunikasi Terus Alami Peningkatan Signifikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net, Pasuruan – Prodi ilmu komunikasi universitas Yudharta terus berkomitmen menyelenggarakan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dan setiap tahunnya mengalami trend kenaikan yg signifikan.Kegiatan MBKM ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mendapatkan pembelajaran Dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan pembelajaran secara langsung di lapangan, MBKM berhasil meningkatkan hard skill, soft skill, dan social skill mahasiswa.

Kegiatan MBKM di Prodi Ilmu Komunikasi dimulai pada semester 4, 5, 6, dan 7, membuka peluang berharga bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam dunia nyata. Penyelenggaraan MBKM tidak hanya melibatkan jalur internal perguruan tinggi tetapi juga jalur MBKM flagship dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud).

Zainul Ahwan, mengungkapkan Pada tahun 2021 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan MBKM sejumlah 8 mahasiswa, pada tahun 2022 meningkat menjadi 44 mahasiswa (35 mahasiswa mengikuti MBKM internal dan 9 mahasiswa mengikuti kegiatan MBKM Kemendikbud). Tren positif terus terlihat pada tahun 2023, dengan jumlah 54 mahasiswa ( 49 mahasiswa mengikuti MBKM internal dan 5 mahasiswa untuk MBKM flagship Kemendikbud)

Melihat keberhasilan ini tak lepas dari upaya intensif dalam sosialisasi dan pendampingan oleh dosen pemdamping akademik. Dosen berperan penting dalam memberikan pemahaman dan motivasi kepada mahasiswa, mendorong mereka untuk mengikuti MBKM sebagai sarana untuk mengasah kemampuan kolaborasi, sinergi, teamwork, kedisiplinan, serta pencapaian target kerja. jelas kaprodi Ilmu Komunikasi.

Dengan adanya peningkatan peserta setiap tahun, kegiatan MBKM di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta tidak hanya menjadi ajang pembelajaran praktis, tetapi juga menjadi wahana bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri, membangun jaringan, dan meraih prestasi dalam dunia komunikasi yang dinamis. “Keberhasilan ini mencerminkan komitmen Prodi Ilmu Komunikasi dalam membentuk mahasiswa yang siap bersaing dan berkarya di dunia profesional”. Imbuhnya. (Ais/Ang)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial