Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Wujud Implementasi Merdeka Belajar Prodi Ilmu Komunikasi Laksanakan Pembekalan Kegiatan MBKM

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Pasuruan – Universitas Yudharta Pasuruan terus berkomitmen untuk meningkatkan relevansi lulusan dengan dunia kerja, khususnya dalam bidang Ilmu Komunikasi. Dalam pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun ke-2 (2023), Prodi Ilmu Komunikasi mengimplementasikan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan fokus pada peningkatan hubungan antara mahasiswa dan dunia industri media serta public relations.

Latar belakang kegiatan ini mencerminkan kebutuhan akan kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan industri. Melalui MBKM, Universitas Yudharta Pasuruan berupaya menciptakan kultur belajar inovatif, otonom, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Tujuan dari kegiatan MBKM ini terfokus pada tiga aspek utama, yaitu memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa, meningkatkan kemampuan kolaborasi dan komunikasi persuasif, serta menjalin kerjasama dengan mitra Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Kegiatan ini diimplementasikan melalui Magang Kerja, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Komunikasi Pariwisata, Kewirausahaan Mahasiswa, dan Studi Independen.

Pada tahun 2023, sebanyak 41 mahasiswa Ilmu Komunikasi terlibat dalam program MBKM, dengan sebagian besar mengikuti kegiatan internal kampus dan sebagian kecil melalui program MBKM Kemendikbud. Melalui kegiatan ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengasah hard skill, soft skill, dan social skill mereka.

Hasil pelaksanaan kegiatan ini menciptakan sinergi antara Prodi Ilmu Komunikasi dan mitra industri. Tiga mahasiswa magang di TV9 Surabaya, dua mahasiswa magang di JTV, sepuluh mahasiswa KKNT di Desa Wonokitri, sepuluh mahasiswa studi independen di Yayasan Stapa Center, serta sepuluh mahasiswa kewirausahaan telah melaksanakan kegiatan MBKM dengan baik.

Meskipun terdapat sedikit hambatan pada pelaksanaan KKN di Desa Wonokitri yang tertunda karena acara adat Hari Raya Karo, mahasiswa tetap aktif melakukan kegiatan pendahuluan untuk menunjang program.

Dalam rangka memastikan kesuksesan kegiatan MBKM, tim pengawas melibatkan dosen pembimbing lapangan, praktisi, dan pihak terkait secara intensif. Evaluasi dan pemantauan rutin dilakukan untuk memastikan capaian pembelajaran sesuai dengan harapan.

Program MBKM Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Yudharta Pasuruan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang dinamis. Partisipasi semua pihak diharapkan dapat memastikan keberlanjutan program ini demi mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 dan IKU 2.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial