Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 22 Februari 2024

Kebiasaan Unik dan Baik yang Dilakukan oleh Warga Desa Pecalukan terhadap Ibadah

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portal Arjuna.net, Pasuruan – Warga Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, telah menjalankan tradisi melaksanakan sholat berjamaah di musholla setiap hari sejak tahun 2010. Keberlanjutan kebiasaan ini dilakukan dengan ikhlas dan didasari oleh ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pak Sugeng, salah satu aktivis musholla yang berhasil diwawancarai, mengungkapkan kegembiraannya, “Sangat menyenangkan melihat bahwa kebiasaan ini telah berlangsung selama tiga belas tahun tanpa perubahan. Warga tetap rajin melaksanakan sholat di musholla, dan pada waktu maghrib dan isya, shaf bisa penuh hingga belakang.”

Ibadah bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Tempat ibadah, dalam hal ini musholla, menjadi wadah untuk berpulang kepada-Nya melalui sholat dan doa. Tidak mengherankan bahwa Desa Pecalukan dikenal sebagai desa yang paling tentram, tanpa keberadaan pencuri, penjahat, bahkan menjadi desa paling makmur di Kecamatan Prigen.

Konsistensi warga dalam melaksanakan sholat berjamaah menjadi cermin dari kehidupan harmonis dan religius di Desa Pecalukan. Tradisi ibadah ini memberikan dampak positif tidak hanya dalam aspek spiritual, tetapi juga menciptakan lingkungan sosial yang aman dan makmur. Keberlanjutan tradisi ini mencerminkan tekad dan komitmen warga untuk menjaga nilai-nilai keagamaan dan memperkuat ikatan sosial di komunitas mereka.

Author : Putri Sayyidatuna Humaira

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial