Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 22 Juni 2024

Mahasiswa UYP Intip Program CSR Aqua di Alas Pinggan Prigen

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Pasuruan – Mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 5 Universitas Yudharta Pasuruan melaksanakan kuliah praktisi bersama Mulyono Wibisono, Stakeholder Engadement Supervisor PT. Tirta Investama atau yang biasa dikenal dengan Aqua, Kamis (23/11/2023). Berbeda dengan perkuliahan biasanya kali ini pembelajaran dilakukan secara langsung di lapangan tempat program CSR Aqua dilaksanakan yakni Wisata Alas Pinggang, Ledug, Prigen.

Mahasiswa tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 WIB. Perkuliahan dibuka oleh dosen praktisi dan dosen pengampu mata kuliah Corporate Sosial Responsibility (CSR) Siti Muyasaroh, S.Sos.M.IKom. Bersama Suprapto, ketua pengelola Alas Pinggan mereka menjelaskan bagaimana program CSR PT Tirta Investama serta awal mula berdirinya Alas Pinggan.

“Di sini kami membantu dalam hal konservasi dan penanaman pohon. Ada beberapa metode diantaranya rorak, sumur resapan dan biopori,” ujar Wibisono yang akrab dipanggil pak Wibi oleh mahasiswa.

Wibi menjelaskan bahwa kegiatan CSR ini sudah berlangsung semenjak November 2021, sebanyak 500 rorak telah dibangun. Hasil dari penanaman pohon pun seperti kopi, alpukat, dan durian dikembalikan sepenuhnya kepada penggarap yang telah terhimpun menjadi kelompok tani.

“Untuk pengelola Wisata Alas Pinggan ini sendiri kurang lebih 6 orang, tapi untuk penggarap atau anggota kelompok taninya sekitar 50 orang,” ucap Suprapto ketua pengelola Alas Pinggan

Suprapto juga menyampaikan beberapa kendala saat Aqua mulai melakukan CSRnya. Salah satu kendala paling kuat ialah membangun kepercayaan masyarakat serta memberikan pemahaman terhadap beberapa upaya Aqua yang dinilai baru oleh mereka.

Usai melakukan diskusi dan tanya jawab seluruh mahasiswa dipersilahkan untuk mengeksplore Alas Pinggan dengan penugasan membuat konten media cetak maupun online seperti berita, vlog, konten video, dan lain sebagainya. Perkuliahan ditutup dengan makan bersama dan berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Author: Angely Rahma

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial