Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Pedagang Pasar Tradisional Keluhkan Penurunan Pelanggan akibat Persaingan Penjual Online

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portal Arjuna.net,Pasuruan – Pedagang pasar tradisional, Ibu Kasiani (56 tahun), yang telah menjalani usaha jualan ayam segar selama lebih dari 30 tahun di pasar Lawang, mengaku merasakan dampak penurunan pelanggan dalam beberapa tahun terakhir. Ibu Kasiani, yang biasanya berjualan dari jam 2 malam hingga 10 pagi, mengungkapkan bahwa sebagian pelanggannya beralih ke pembelian ayam segar secara online.

“Seperti yang saya rasakan, para pelanggan setia saya kini banyak yang lebih memilih untuk membeli ayam segar secara online. Mereka mencari kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja tanpa harus datang langsung ke pasar,” ujar Ibu Kasiani dengan wajah sedih.

Dia menjelaskan bahwa persaingan dengan penjual online semakin terasa, terutama dengan penawaran harga dan promosi yang menarik dari platform e-commerce. Meskipun sudah berupaya menjaga kualitas dan kebersihan produknya, Ibu Kasiani merasa sulit bersaing dengan kemudahan belanja yang ditawarkan oleh penjual online.

Pemerintah setempat juga diharapkan untuk memberikan perhatian lebih kepada pedagang pasar tradisional, membantu mereka menghadapi persaingan dengan penjual online. Dalam beberapa bulan terakhir, beberapa pedagang pasar tradisional di berbagai wilayah mengeluhkan penurunan omset akibat perubahan pola belanja masyarakat yang beralih ke platform online.

Dengan kondisi ini, pedagang pasar tradisional seperti Ibu Kasiani berharap ada solusi yang dapat membantu mereka bersaing, sehingga tradisi belanja di pasar tradisional tetap dapat bertahan dalam era modern ini.

Author : Balqis Shofia Rahma

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial