Pasuruan, Jawa Timur
Rabu, 21 Februari 2024

Mengenal Makam Troloyo Makam Waliyullah Sayyid Djumadil Kubro Mojokerto

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net, Mojokerto – Di Mojokerto, terdapat makam waliyullah yang dikenal dengan Makam Troloyo, yang terletak di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Makam ini merupakan tempat bersemayamnya waliyullah, beliau bernama Sayyid Djumadil Kubro, yang merupakan kakek dari Sunan Ampel, salah satu Walisongo sekaligus da’i di era Majapahit.

Sayyid Djumadil Kubro adalah ulama besar dan berpengaruh dalam penyebaran Islam di Majapahit. Beliau memiliki nama lengkap Sayyid Jamaluddin Al-Husein Al-Akbar, berasal dari kota tua Samarkand, Uzbekistan, Asia Tengah. Beliau golongan penyebab agama Islam pertama di Nusantara. Beliau memiliki keturunan Nabi Muhammad dari Ayahnya, Sayyid Zainul Khusen.

Di makam troloyo banyak peninggalan sejarah tentang penyebaran islam di Pulau Jawa. Sehingga tak heran jika banyak peziarah yang berkunjung ke makam troloyo untuk napak tilas jejak para Wali Allah.
Makam troloyo sendiri sudah berusia ratusan tahun sehingga masuk dalam kategori makam kuno.

Makam troloyo terdiri dari dua kompleks makam, yaitu makam di bagian depan (tenggara) dan makam di bagian belakang (barat laut). Makam di bagian depan merupakan kelompok petilasan Walisongo, kemudian di sebelah barat daya dikenal dengan tempat peristirahatan Syekh Maulana Ibrahim, Syekh Abd Qodir Jaelani, dan Syekh Djumadil Kubro. Sementara di utara terdapat makam Syekh Ngudung atau Sunan Ngudung (Ayah Sunan Kudus).Sedangkan kompleks makam di bagian belakang meliputi bangunan cungkup dengan dua makam yaitu, Raden Ayu Anjasmara Kencana Wungu, kemudian terdapat pula kelompok makam yang di sebut makam tujuh atau Kubur Pitu.

Author : Kontributor

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial