Pasuruan, Jawa Timur
Senin, 4 Maret 2024

Pasar Lawang Merasakan Dampak Ganda: “Corona dan Kebakaran Menurunkan Penghasilan Pedagang”

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

PortalArjuna.net, Pasuruan – Pasar Lawang, yang sebelumnya merupakan pusat kegiatan ekonomi yang ramai, kini merasakan dampak serius setelah melalui dua kejadian besar: pandemi corona dan kebakaran yang melanda pasar. Salah satu individu yang merasakan dampak ganda ini adalah Bu Hariyani, seorang penjahit berpengalaman yang telah bekerja selama 12 tahun di Pasar Lawang.

Bu Hariyani, yang kini berusia 51 tahun, telah menyaksikan perubahan drastis dalam kondisi pasar. Setelah bekerja di dalam pasar selama 7 tahun, ia terpaksa pindah ke luar pasar lima tahun yang lalu akibat kebakaran yang menghancurkan sebagian besar tempat usahanya. Meski telah menemukan tempat baru di luar pasar, kondisi perekonomian yang semakin sulit membuat penghasilannya tidak seberapa.

Pandemi korona menjadi pukulan berat bagi usaha Bu Hariyani. Dengan menurunnya aktivitas sosial dan pembatasan pergerakan, permintaan untuk jasa jahitannya menurun drastis. Selain itu, pasca kebakaran, pasar yang sebelumnya menjadi pusat perbelanjaan utama kini masih dalam tahap pemulihan, sehingga pelanggan yang singgah juga berkurang.
Bu Hariyani mengakui bahwa pendapatannya tidak sebesar dahulu kala. Ia kini harus berjuang ekstra untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Meskipun demikian, semangatnya tetap tinggi untuk terus berkarya dan menjaga usahanya agar tetap bertahan di tengah kondisi sulit.

“Penghasilannya udah gak seperti dulu lagi semenjak pandemi dan kebakaran, penghasilan jadi turun drastis, tapi alhamdullilah masih cukup” ucapnya masih dengan semangat

Kisah Bu Hariyani mencerminkan tantangan besar yang dihadapi oleh para pedagang di Pasar Lawang setelah dua musibah besar tersebut. Masyarakat dan pemerintah setempat diharapkan dapat memberikan dukungan dan solusi untuk membantu pemulihan ekonomi mereka.

Author : Nuraini

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial