Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 2 Maret 2024

Penjual Buah di Pasar Lawang Alami Kenaikan Harga Jual Mulai Awal Tahun 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.Net, Lawang – Perubahan harga pangan pada waktu natal dan tahun baru sepertinya sudah biasa terjadi. Hal ini juga dialami oleh penjual buah di pasar Lawang yang sebelumnya harga buah terhitung standard, dikarenakan pergantian tahun dan perubahan cuaca yang terus menrus akhirnya harga buah lokal menjadi naik drastis.

Nazarudin Alfani, salah satu karyawan toko buah di Pasar Lawang yang berasal dari Turirejo Lawang mengeluh dengan adanya kenaikan harga jual buah. Ia menyampaikan bahwa sebelum tahun baru 2024 harga jual buah masih murah dan standard, tapi setelah menjelang tahun baru harga jual mengalami kenaikan diatas rata – rata.

Kenaikan harga jual buah yang dirasakan oleh Fani ini sejak akhir bulan Desember hingga awal bulan Januari. “Kenaikan harga disini bukan disebabkan karena tahun baru ataupun karena kebijakan pemerintah, tetapi disebabkan karena pasarnya pada waktu itu”, ujar Fani waktu proses wawancara berlangsung pada Senin (22/01/23) pagi hari.
Toko buah ini dibuka mulai jam 05.30 WIB sampai jam 20.00 WIB dan berlangsung setiap hari dengan sistem kerja karyawan dilakukan secara bergantian. Waktu pagi sampai sore dilayani langsung oleh pemilik toko (Ummi Yunus) sedangkan waktu sore sampai malam dilayani oleh karyawannya.

“Salah satu buah yang mengalami kenaikan harga yaitu buah kelengkeng yang harga sebelumnya per kg harganya Rp. 45,000 – 50,000 ribu menjadi Rp. 60,000, sedangkan buah yang mengalami penurunan harga yaitu buah salak yang harga sebelumnya per kg harganya Rp. 12,000 ribu menjadi Rp. 10.000”, tambahnya waktu menjelaskan masing – masing harga buah.

Author : Ahmad Roihanul Majid

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial