Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 18 Juli 2024

Perjalanan Memukau ke Masa Lalu: Kunjungan Inspiratif ke Museum Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net, Pasuruan- Pada hari Kamis (10/01/2024) yang cerah , kami memutuskan untuk menjelajahi warisan sejarah yang tak ternilai di Museum Trowulan yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Destinasi wisata yang satu ini membawa kami kembali ke masa kejayaan Kerajaan Majapahit, yang merupakan cikal bakal bumi Nusantara ini. Dalam kunjungan kami, kami berkesempatan untuk berbincang dengan Bapak Abdul Rojak, seorang narasumber yang memiliki pengetahuan luas tentang sejarah dan kebudayaan Majapahit.

Bapak Abdul Rojak dengan penuh semangat membagikan wawasannya tentang pentingnya Kerajaan Majapahit dalam sejarah Nusantara.

“Kerajaan Majapahit merupakan keagungan yang menjadi cikal bakal bumi Nusantara ini. Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Patih Gajah Mada, ‘Bhinneka Tunggal Ika’, dan semangat persatuan Nusantara menjadi landasan kuat bagi kejayaan kerajaan ini. Karakter seperti keberanian, kejujuran, dan kerja keras nenek moyang kita juga harus dimiliki oleh anak cucu jaman sekarang,” ungkap Bapak Abdul Rojak.

Museum Trowulan, yang terletak di bekas ibu kota Kerajaan Majapahit, adalah tempat yang memikat hati para pengunjung dengan koleksi yang kaya akan artefak sejarah. Kami terpesona melihat berbagai benda peninggalan seperti arca, prasasti, dan keramik yang menceritakan kehidupan masyarakat pada masa itu. Setiap artefak tersebut adalah saksi bisu dari zaman keemasan Majapahit.

Salah satu momen yang tak terlupakan adalah ketika kami melihat replika candi-candi megah yang menjadi simbol kejayaan Kerajaan Majapahit. Keindahan dan detailnya membuat kami terpesona, seolah-olah membawa kami langsung ke masa lalu yang gemilang. Kami merasakan getaran sejarah yang kuat saat berada di dekat replika-replika ini.
Kunjungan kami ke Museum Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur, benar-benar menginspirasi kami untuk lebih menghargai warisan budaya dan sejarah nenek moyang kita. Melalui perjalanan ini, kami menyadari betapa pentingnya menjaga dan mempelajari sejarah untuk membentuk identitas dan menghargai keberagaman Nusantara.

Author: Kontributor

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial