Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 Juli 2024

Mahasiswa KKN Kelompok 17 Melakukan Kegiatan Observasi Pendataan UMKM yang Ada di Desa Sidoluhur

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net, Lawang– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 17 dari Universitas Yudharta melakukan kegiatan observasi terhadap Usaha Dari pengolaan prodak lokal, yang ada di Desa Sidoluhur. Kegiatan ini bertujuan untuk memahami kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM setempat serta mencari solusi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pengusaha UMKM prodak lokal yang ada di sidoluhur.
Observasi dilakukan dengan mengunjungi berbagai UMKM di desa tersebut, mulai dari usaha hasil bumi, seperti makanan, kripik singkong,kopi, kerupuk, jamu, dan beberapa prodak lokal yang ada di desa sidoluhur. Para mahasiswa berdialog langsung dengan pemilik UMKM untuk menggali informasi mengenai proses produksi, pemasaran, serta kendala-kendala yang dihadapi.
“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Sidoluhur. Informasi yang kami dapatkan akan kami analisis untuk kemudian kami gunakan sebagai dasar dalam merumuskan program-program pendampingan yang tepat sasaran,”(7/7/24) ujar Ketua KKN Kelompok 17, fadhil.
Salah satu pelaku UMKM yang dikunjungi adalah Ibu rupiati, pemilik usaha jamu yang memproduksi berbagai macam jamu. Ibu rupiati menyambut baik kedatangan para mahasiswa dan berharap adanya pendampingan lebih lanjut untuk memperluas pasar produknya.
“Saya sangat senang dengan perhatian dari adik-adik mahasiswa. Semoga dengan bantuan mereka, usaha saya bisa lebih dikenal dan pemasaran bisa lebih luas,” ujar Ibu rupiati.
Selain observasi, para mahasiswa juga merencanakan beberapa program lanjutan seperti pelatihan worshop pemasaran digital, dan pembuatan kemasan produk yang lebih menarik. Diharapkan program-program ini dapat membantu pelaku UMKM di Desa Sidoluhur dalam mengembangkan usaha mereka.

Author: M. Riduan

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial