Pasuruan, Jawa Timur
Sabtu, 20 Juli 2024

Ribuan Obor Terang Benderang Warnai Malam Tahun Baru Islam di Panggungrejo

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp
panggungrejo

Portalarjuna.net,Pasuruan- Kelurahan Panggungrejo, Pasuruan. Ribuan warga, termasuk mahasiswa KKN 28 Universitas Yudharta, mahasiswa Universitas Merdeka (Unmer) Pasuruan, dan anggota Karang Taruna, tumpah ruah ke jalanan untuk mengikuti pawai obor yang dimulai dari Masjid depan kelurahan Panggungrejo dan berakhir di Alun-alun Kota Pasuruan.

Pawai obor ini menjadi tradisi tahunan di Kelurahan Panggungrejo untuk menyambut Tahun Baru Islam. Pawai diawali dengan lantunan salawat dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki membawa obor yang terbuat dari bambu. Suasana semakin meriah dengan adanya drum band dan atraksi marching band yang mengiringi pawai.

Antusiasme warga dalam mengikuti pawai obor ini sangatlah tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang tumpah ruah ke jalanan untuk menyaksikan pawai. “Saya sangat senang bisa mengikuti pawai obor ini. Ini adalah tradisi yang sangat positif dan dapat mempererat rasa persaudaraan antar warga,”(8/7/24) ujar kepala kelurahan.

Pawai obor ini tidak hanya sebagai tradisi untuk menyambut Tahun Baru Islam, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat rasa kebangsaan dan persatuan antar warga. Pawai ini juga menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menjaga nilai-nilai luhur agama dan budaya bangsa.

Author: Septia Bamaradan Arfianti

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Related News

Tulisan Terakhir

Advertorial