Mengenal Menteri Desa PDTT Eko Putro

""

Reshuffle kabinet pada hari ini Rabu 27 Juli 2016 telah resmi diumumkan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara tepat pukul 11.00 WIB tadi siang. Salah satu wajah baru yang diumumkan adalah Menteri Desa PDTT yang baru yaitu Eko Putro Sanjoyo yang menggantikan rekan politisi sesama partai PKB Marwan Jafar. Siapakah sosok Eko Putro Sanjoyo ini? Mampukah Menteri dari bendera partai yang sama dengan pendahulunya ini membuat perubahan dan perbaikan kinerja di Kemendesa yang selama ini selalu menjadi trending topik di dunia maya?

Nama Eko sebenarnya bukanlah hal baru dalam lingkaran Presiden Jokowi. Ia pernah bergabung menjadi Deputi Tim Transisi Jokowi. Di tim transisi tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB ini membawahi kelompok kerja di bidang perdagangan domestik, peningkatan ekspor, ekonomi kreatif, dan percepatan ekonomi di Papua.

Sebelum menjadi birokrat dan politis, Eko Putro Sanjoyo dikenal sebagai pelaku bisnis. Ia pernah menjadi Presiden Direktur PT Sierad Produce Tbk (2009). Jabatan ini diembannya setelah ia menjabat sebagai Direktur Utama Humpuss pada tahun 2007.Salah satu alasan Presiden Jokowi menempatkan Eko Putro Sanjoyo di Kementerian Desa PDTT barangkali karena latar belakang Eko Putro Sanjoyo yang pernah menjabat sebagai Ketua Tim Asistensi Menakertrans Tahun Anggaran 2010.

Adapun untuk pendidikan, Eko Putro Sanjoyo merupakan lulusan Bachelor Degree University of Kentucky 1991 dan IPMI MBA Jakarta tahun 1993.

Sementara itu Wasekjen DPP PKB Maman Imanulhaq menilai, sosok Eko Putro Sanjoyo adalah sosok yang ideal menggantikan posisi rekan sesama partainya, Marwan Jafar yang dicopot dari jabatan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Secara rekam jejak, Eko Putro Sanjoyo yang merupakan Bendahara Umum PKB ini telah menguasai sistem bisnis di pedesaan. Dan hal itu, lanjut Maman, yang menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo menunjuk Eko Putra Sanjoyo menggantikan Marwan.

“Label menguasai bisnis desa mungkin itu yang jadi pertimbangan presiden. Saya rasa ini pilihan presiden melakukan evaluasi kinerja dengan pertimbangan dukungan partai,” kata Maman di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Maman pun mengharapkan, telah ditunjuknya Eko Putro Sanjoyo menjadi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi, bisa membawa ekonomi Indonesia jauh lebih baik ke depannya. “PKB akan terus dukung Jokowi, tapi pilihan awal ini tepat,” ucapnya. dialihkan dari www.desa-membangun.blogspot.co.id

Tags:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.