Pengalaman Toleransi dalam Nuansa Hari Toleransi Internasional 2016

""

Portalarjuna.net-Nuansa Hari toleransi 2016, selain menyatukan kembali semangat silaturrahmi pemuda lintas agama di Pasuruan, juga memberikan kesan pengalaman bertoleransi lintas agama bagi Santri Ponpes Ngalah dan Anggota PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Universitas Yudharta Pasuruan. “Malam ini, kami merajut kembali silaturrahmi bersama pemuda GBIS (Gereja Bethel Injil Sepenuh) Pandaan di FCB The Orchard Taman Dayu Pandaan.” Ujar Makhfud Syawaludin selaku Anggota Komunitas Gitu Saja Kok Repot (KGSKR) Jaringan Gusdurian Pasuruan tersebut kepada Tim Portal Arjuna tadi malam (18/11/2016). “Kebetulan saya mengajak santri ngalah dan anggota baru PMII. Seperti yang dikatakan Gus Dur, bahwa sikap Toleransi bukan pemahaman, tapi pengalaman. Semangat itulah yang mendorong saya untuk mengajaknya.” Lanjutnya.

“Saya bertemu Pendeta dan Pemuda dari GBIS Pandaan, bercanda bersama, dan saling mengenal. Sungguh pengalaman yang luar biasa bagi saya.” Ungkap Muhammad Nur Khilmi selaku Santri Pondok Pesantren Ngalah Purwosari tersebut. “Ketika saya mengikuti MaPABa (Masa Penerimaan Anggota Baru) PMII Ngalah, saya mendengar bahwa PMII adalah organsasi Islam yang toleran dan memiliki rasa nasionalisme yang kuat. Malam ini, wacana tersebut terbukti dan saya bangga ikut PMII.” Kesan M. Fakhrul Effendi. Kebahagiaan dalam pertemuan malam itu, juga dirasakan oleh Pendeta Otniel Rossa Setiawan. “Senang sekali bertemu dengan teman-teman baru.” Ujar Dosen di Sekolah Alkitab Bethel Injil Sepenuh tersebut.

Makhfud juga menambahkan bahwa Pertemuan tersebut juga berhasil disepakati akan melakukan aksi bersama menyerukan sikap toleransi. “Kami bersama lintas agama yang lain, akan melakukan aksi pada tanggal 26 november di perempatan Taman Dayu Pandaan dengan menyebarkan press release terkait seruan moral hidup rukun dan toleran dan menyebarkan 1000 stiker.” Ujar Mahasiswa Pascasarjana PAI Multikultural Universitas Yudharta Pasuruan tersebut. “Pertemuan tersebut juga membahas kegiatan peringatan Haul Gus Dur bulan Desember ini.” Pungkasnya.

Leave a Reply