Bonek, Sebuah Nama Penuh Cerita

""

PortalArjuna.net– Bonek, siapa yang tidak kenal atau tidak mengetahui nama dari supporter Surabaya tersebut. Hal yang diingat oleh masyarakat tentang bonek hanya sebatas tindak kekerasan dan pengerusakan infrastruktur masyarakat.

Banyak orang begitu takut apabila mendengar nama Bonek bahkan apabila ada orang yang atau remaja yang menyebut diri mereka Bonek, maka masyarakat akan menjauhi atau memusuhinya.

Padahal jika diihat dari sejarah bonek bukanlah kumpulan supporter sepak bola yang suka membuat kericuan akan tetapi suatu semboyan yang dulu digunakan oleh arek-arek Surabaya dalam menghadapi dan mengusir penjajah.

Bonek mulai dikenal ketika terjadi insiden perobekan bendera di hotel Yamato Surabaya, para pemuda yang diplopori oleh Bung Tomo menyerbu hotel tersebut dikarenakan mereka menolak bendera negara Indonesia yaitu Merah Putih diubah menjadi merah putih biru oleh belanda. Hal itu terjadi pada tanggal 10 November 1945 yang dikenal sebagai hari Pahlawan.

Setelah itu, beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1988 para supporter persebaya yang waktu itu dikenal dengan sebutan Green Force berangkat ramai-ramai menuju Jakarta demi melihat pertandingan final di Ibukota tersebut.

Beratus bus dan puluhan gerbong serta pesawat terbang telah diboking oleh Green Force yang dikordinasi oleh Cak Dahlan Iskan yang waktu itu menjabat sebagai CEO dari jawa pos. bahkan beberapa anggota yang tidak mendapat trasportasi rela untuk “menggandol” kendaraan dan ada yang sampai mengamen dijalan untuk mendapatkan uang demi pergi ke senayan.

Karena hal tersebut banyak masyarakat yang kagum dengan perjuangan arek-arek Surabaya, bahkan beberapa media turut memberi julukan baru bagi Supporter tersebut yaitu Bonek (bondo nekat) Karena keberanian mereka demi menuju ke senayan.saat itu para Supporter berangkat dengan damai jauh dari kesan Anarkisme dan Kerusuhan.

Tidak diketahui pasti sejak kapan citra bonek yang dulu positif menjadi negatif seperti sekarang akan tetapi Bonek bukanlah supporter yang sejak dulu selalu anarkis akan tetapi kerana beberapa oknumlah citra bonek menjadi jelek dimata masyarakat.sedikit inilah cerita mengenai awal mula bagaimana Bonek terbentuk, alangkah lebih baik kita tidak menilai suatu supporter hanya sekilas akan tetapi kita juga perlu melihat bagaimana sejarah terbentuknya kelompok tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.