Hari Lahir Pancasila, GmnI Yudharta gelar Diskusi Naskah Akademik Doktoral Ahmad Basarah Pasuruan,

""

PortalArjuna.net – Paringatan Hari lahir Pancasila yang diadakan oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GmnI) Universitas Yudharta Pasuruan, dilaksanakan dengan membedah Naskah akademik Doktoral Ahmad Basarah yang berjudul “PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN FALSAFAH BANGSA SECARA HUKUM TIDAK DAPAT DI UBAH”. Naskah ini merupakan konsideran dari pancasila sebagai sebuah dasar falsafah” (philosofische grondslag) atau “pandangan komprehensif dunia” (weltanschauung) secara sistematik dan koheren. Diskusi dilaksanakan dengan Metode “Sorogan” seperti kultur pesantren dengan membaca secara per-Bab oleh setiap peserta lalu menjelaskan isi dari yang di baca, forum berjalan kondusif dan penuh semangat nasionalisme, Kamis (01/05).

Bung Nawir menuturkan dalam sela diskusi, bahwa Pancasila lebih baik dari ideologi Komunis karena Pancasila punya sila Ketuhanan, Pancasila lebih baik dari ideologi Liberalisme/Kapitalisme karena Pancasila punya sila Keadilan Sosial. Pancasila juga lebih baik dari paham Khilafah ala Islamic State of Iraq Suriah (ISIS) karena Pancasila punya sila Persatuan Indonesia.

Kegiatan ini digelar disamping untuk memperingati Harlah Pancasila, juga bertujuan untuk melestarikan Tradisi Literasi di kalangan Mahasiswa guna mengenal dan memperdalam nilai di dalam butir-butir pancasila. Tradisi Literasi sendiri lanjut Nawir merupakan salah satu implementasi Revolusi Mental dari Nawa cita Presiden Jokowi.

Diskusi ini Dengan demikian berkesimpulan, bahwa tidak ada secara moralitas atau alasan ideologis apapun bagi bangsa Indonesia untuk tidak mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut apalagi berpikir untuk mengganti Pancasila dengan ideologi-ideologi lain. Pancasila yang digali oleh Bung Karno dan dibahas serta disetujui oleh para tokoh Pendiri Bangsa lainnya menjadi dasar dan ideologi negara, bersumber dari jiwa dan jati dirinya bangsa Indonesia sendiri.(Aha)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.