Gali Potensi Rajut, Mahasiswa KKN kelompok 3 Universitas Yudharta Pasuruan di Desa Sadengrejo Adakan Pelatihan Merajut

""

Portalarjuna.net-merajut merupakan kegiatan yang membutuhkan waktu lama namun saat kita merasa jenuh merajut dapat menjadi hal yang sangat menyenangkan. Merajut bagi warga desa Sadengrejo bukan hal baru, karena pelatihan rajut sudah pernah dilakukan oleh dinas kecamatan Rejoso. Namun pelatihan rajut oleh dinas masih sebatas merajut kopyah. oleh karena itu Mahasiswa KKN Kelompok 3 adakan pelatihan merajut aneka bentuk, mulai dari tas, dompet, gelang, gantungan kunci dan lain-lain.

Pelatihan yang dimulai pada hari jumat (18/8/17) kemarin mendapat antusiasme yang cukup banyak dari warga. Para warga merasa ingin mendalami kegiatan merajut supaya dapat menjadi penambah penghasilan. Mbah Lana salah satu warga yang ikut pelatihan mengatakan “seneng mas, biasanya rajut kopyah sekarang ada pelatihan tas bisa buat yang lain gak hanya kopyah”.

Rohayati selaku coordinator pelatihan rajut mengatakan “pelatihan rajut ini diadakan untuk melatih warga dalam merajut bukan hanya kopyah tapi juga betuk lain. Karena sebagian besar sudah bisa jadi kita hanya melakukan pendalaman saja.” Pelatihan rajut ini diselenggarakan di balaidesa Desa Sadengrejo Kec. Rejoso Kab. Pasuruan sebagai bentuk program KKN Kelompok 3 Universitas Yudharta Pasuruan. Selain itu alasan diadakannya pelatihan ini karena warga memang mengharapkan adanya pelatihan rajut kembali namun tidak merajut kopyah saja.

Pelatihan merajut ini dimulai dengan arahan dari coordinator acara lalu para peserta mulai merajut dengan bentuk dasar dari tas ataupun dompet. Pelatihan ini dilakukan setiap hari mengingat waktu yang digunakan untuk merajut tidak sebentar. Sebagai bentuk penghargaan bagi warga yang ikut pelatihan pada hari minggu tanggal 27 Agustus yang bertepatan dengan acara jalan sehat di desa Sadengrejo Mahasiswa KKN kelompok 3 Universitas Yudharta Pasuruan akan mengadakan pameran rajut hasil dari pelatihan warga. (Ion)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.