14 Ancak Ramaikan Sedekah Bumi Desa Dayurejo Prigen

""

PortalArjuna.net – Pasuruan 24 september 2017, Untuk kesekian kalinya, warga Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan menggelar acara tradisi sedekah bumi, acara ini merupakan acara 2 tahunan setiap bulan syuro, pada Sedekah Bumi kali ini dimeriahkan oleh 14  Ancak yang dipersembahkan dari 6 dusun yang ada di Desa Dayurejo, diantaranya Dusun Dayu, Dusun Lebaksari, Dusun Gutean, Dusun Klata’an, Dusun Talunongko, dan Dusun Gamoh.

Ancak adalah sajian berupa aneka makanan yang diletakkan dalam sebuah wadah. Makanan terdiri dari kue, minuman, buah-buaham, lauk pauk, sayur mayur dll, dikemas di atas papan semacam meja altar yang dibuat mirip tandu dengan hiasan-hiasan berupa patung yang menggambarkan sejarah seperti patung anoman, garuda wisnu kencana, dan macam sebagainya, yang didesain sekreatif mungkin dengan menggunakan kardus.

Ancak di arak dan diberangkatkan dari setiap dusun masing-masing, dengan di iringi musik drumband dan petasan untuk meramaikan acara pengarakan, hingga berkumpul ditempat akhir yakni di Balaidesa Dayurejo. Acara ini dihadiri oleh seluruh perangkat Desa Dayurejo,Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan beserta jajaran, dan seluruh masyarakat Desa Dayurejo.

semoga Desa Dayurejo semakin sejahtera, dijauhkan oleh balak bencana, dijauhkan dari musibah, dan hasil buminya semakin melimpah” ujar Sudiono Fauzan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan yang biasa akrab dipanggil mas Dion

Pada Puncak Sedekah Bumi ini, 14 Ancak selanjutnya dibagikan secara gratis sekaligus dinikmati bersama. Tradisi yang digelar setiap 2 tahun sekali ini merupakan wujud syukur warga setempat kepada Allah SWT atas segala limpahan rezeki dan kemakmuran.

Acara ini akan digelar hingga malam dini hari dengan menyuguhkan berbagai  penampilan-penampilan seni budaya seperti ujung dan ludruk.(ria)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.