Antusiasme Warga Desa Dayurejo dalam Acara Sedekah Bumi

""

portalarjuna.net –Acara Sedekah Bumi adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh seluruh masyarakat Desa Dayurejo setiap dua tahun sekali dalam rangka selamatan desa agar desa terhindar dari malapetaka dan masyarakatnya damai, senang dan sentosa. Acara sedekah bumi dilaksanakan pada hari minggu (24/092017) dan diikuti oleh seluruh warga Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Semangat warga Desa Dayurejo dalam selamatan desa sangat terasa. Hal ini dibuktikan dengan setiap RT di Desa Dayurejo membuat sesuguhan mulai kue, jajanan ringan, makanan, lauk pauk dan lain sebagainya. Sesuguhan tersebut dibuat dalam berbagai macam bentuk seperti macan-macanan. Setelah sesuguhan didoakan di pendopo semua warga yang melihat menyerbu sesuguhan. Tetapi warga yang menyerbu sesuguhan tersebut tidak boleh warga Desa Dayurejo, melainkan harus dari desa-desa lain. 

Menurut salah satu karangtaruna Desa Dayurejo bernama Wulan mengatakan, “Selamatan desa ini sungguh menarik juga melestarikan budaya atau adat dari nenek moyang terdahulu. Dulu pernah tidak diadakan selamatan desa menyebabkan sumber air nya tidak memproduksi lagi dan tidak bisa mengaliri ke semua rumah rumah penduduk jadi dari peristiwa itu bisa jadi pelajaran.” 

Dengan diadakan selamatan desa semua warga senang dan berbondong-bondong untuk melihat acara tersebut mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. (Sd) 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.