Jalin Silaturahmi & keakraban, Rombongan Seniman Jogjakarta ke Pondok Pesantren Ngalah

""

Portalarjuna.net Pandean (08/09/17) Suasana Pondok Pesantren Ngalah sore ini tak seperti biasanya, suasana ramai dan hiruk-pikuk para santri terlihat ketika menghadiri sebuah acara yang langsung di adakan oleh pemangku Pondok Pesantren Ngalah yakni Romo Kyai Sholeh Bahruddin yang bertempat di area parker Universitas Yudharta Pasuruan. Acara ini bisa dibilang dadakan, karena tanpa ada persiapan yang lama, berawal dari kedatangan tamu dari rombongan seniman Yogyakarta yang didamping oleh Bapak Sunaryo, beliau adalah pemilik dari PT Sampoerna.

Acara sore ini diadakan bukan semata-mata bertujuan untuk pameran ataupun perombaan, melainkan bertujuan untuk menambah keakraban mereka (para seniman) dengan para santri di Pondok Pesantren Ngaah ini. Mereka ingin menambah keakraban dengan para santri melalui jalur seni dan budaya. Para seniman yang datang adalah para seniman dalam bidang lukis yang professional, handal, berbakat dan representative dari berbagai daerah, mereka adalah orang-orang terpilih, yang mana telah dipilih oleh Bapak Nasirun, beliau adalah seniman handal dari Yogyakarta, beliau juga merupakan teman dari Bapak Sunaryo.

Dalam lukisan seniman-seniman tersebut, kebanyakan mereka menggambarkan tentang keluarga ndalem dan hiruk-pikuk acara yang sedang terjadi. Bapak Jopram dari Surabaya yang juga merupakan teman dari  bapak Nasirun yang melukis tentang antusiasme para santri dalam menyambut para tamu yang hadir dalam acara itu, di dalam lukisan tersebut Nampak menggambarkan sosok Bu Nyai yang di belakangnya ada kerumunan para santri putri. Bapak jopram menjadi seorang seniman lukis mulai tahun 2000 yang mana dalam hal ini beliau belajar secara otodidak mulai tahun 1996.

Selain Bapak Jopram,  ada pula Bapak Ibe Purwa yang merupakan seniman lukis dari Pulau Dewata Bali. Dalam wawancara kali ini Bapak Ipe menceritakan tentang bagaimana beliau dapat mengikuti acara ini. Beliau dapat hadir pada acara tersebut berawal dari keikutsertaan beliau pada sebuat event seni rupa yang diadakan oleh PT Sampoerna, acara tersebut berlokasi di Pandaan Pasuruan. Kemudian beliau terpilih untuk mengikuti tour seni rupa ini. Bagi Bapak Ibe, melukis adalah bidangnya, maka dari itu beliau tidak pernah merasa bosan maupun kesulitan dalam hal melukis. Dalam acara yang diadakan di Pondok Pesantren Ngalah ini beliau melukis tentang Romo Kyai Sholeh Bahruddin, alasan dari Bapak Ibe untuk melukis Romo Kyai adaah karena Romo Kyai adalah yang tokoh sentral yang berperan penting di Pondok Pesantren Ngalah.

Dalam acara yang berlangsung cukup singkat di Pondok Pesantren Ngalah ini ada banyak pelajaran yang dapat kita petik dari para seniman yang telah berpartisipasi dalam acara, menurut beberapa seniman mengatakan bahwa suatu hobi yang berawal dari sebuah kesenangan jika benar-benar kita tekuni akan menjadi suatu kegiatan yang bermanfaat.(Chus)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.