Belajar Berorganisasi Sekaligus Mengabdi di Madrasah Diniyah

""

Portalarjuna.net-Bagi kebanyakan orang madrasah diniyah hanyalah tempat untuk mengaji atau mencari ilmu agama semata, akan tetapi lain halnya dengan madrasah diniyah “Roudhotul Hikmah” yang berada di Desa Randupitu Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan.

Di madrasah diniyah Roudhotul Hikmah ini para santri senior diajarkan untuk bisa berorganisasi, melalui program yang diberi nama OSMADIN (organisasi santri madrasah diniyah). Sebenarnya konsep dasar dari OSMADIN ini setara atau sama dengan OSIS (organisasi siswa intra sekolah) yang terdapat di pendidikan formal seperti SMP atau SMA sederajat, yang membedakan hanyalah ruang lingkupnya saja.

Menurut keterangan dari ustadz Rifa’i selaku kepala madrasah diniyah Roudhotul Hikmah menuturkan “Tujuan di dirikannya OSMADIN (organisasi santri madrasah diniyah) adalah sebagai sarana khidmah atau pengabdian santri kepada Madin sekaligus untuk melatih santri dalam berorganisasi dengan baik dan menjalankan kegiatan Madin yang berhubungan dengan santri”.

Program OSMADIN (organisasi santri madrasah diniyah) di madrasah diniyah Roudhotul Hikmah pertama kali dilantik pada bulan Agustus 2016 dengan masa hikmat selama satu tahun, satu minggu setelah pelantikan anggota OSMADIN melakukan rapat kordinasi untuk menentukan ketua, wakil, sekretaris, & bendahara, selain itu juga dibentuk beberapa devisi seperti devisi kegiatan, devisi keamanan, devisi kebersihan, dan devisi perlengkapan. Dengan dibentuknya OSMADIN (organisasi santri madrasah diniyah) ini diharapkan agar membantu para ustadz atau ustadzah dalam mengkondisikan seluruh santri madrasah diniyah Roudhotul Khikmah.(Toni)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.