Guna Melestarikan Budaya, Para Pemuda Bali Gelar Pelatihan Tari Kecak

""

Portalarjuna.net-Berlibur ke pulau Dewata belum lengkap rasanya jika belum menyaksikan tarian Bali yang sudah terkenal di seluruh dunia. Tari kecak, tari yang begitu kental akan ritual dan spiritual. bahkan, bagaimana sejarah tari Bali ini hingga begitu mendarah daging dan seolah menjadi nyawa dari masyarakat Bali.

Sebenarnya masih belum ada kepastian tentang sejarah pasti dan kongkritnya Tari Kecak ini muncul dan pertama kali berkembang. Namun, masyarakat Bali memiliki kesepakatan yang menyebutkan Tari Kecak pertama kali berkembang di Bona, Gianyar. Awalnya, Tari Kecak merupakan suatu seni musik yang dihasilkan dari perpaduan suara yang biasa mengiringi Tarian Sahyang.

Guna melestarikan Budaya, para sekelompok pemuda Bali mengadakan pelatihan Tari Kecak yang di ikuti puluhan hingga ratusan pelajar. Tepatnya berada di Desa Kutuh-Kuta Selatan Badung Bali. “Di sini ada sekolompok mahasiswa yang sedang melakukan latian tari kecak yang di ikuti kurang lebih 100  pelajar” ujar mbok Ayu Igusti. Latian ini di lakukan setiap hari mulai jam 8 sampai jam 2 sore. Tepatnya di sanggar dekat pura gunung payung kecamatan Kute Bali.

Dengan begitu para pemuda dan pemudi atau generasi penerus bisa lebih mencintai dan melestarikan budaya Indonesia tanpa ada rasa malu dan khawatir tentang kebudayaannya. Dan harapan kami selaku penulis semoga acara seperti ini bisa dilakukan dan dilaksanakan di seluruh penjuru nusantara.(saifudin)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.