Guna Meperdalam Sejarah, Pemuda Kraton Gelar Nobar Film G30S PKI

""

Portalarjuna.net– Para pemuda karang taruna Dusun Karang Bunga Desa Klampisrejo Kraton Pasuruan gelar acara nonton bareng film G30S PKI pada hari Minggu (01/10/2017 kemarin. Inisiatif nonton bareng ini berawal dari Panglima TNI yang menyuruh semua warga untuk memutarkan film G30S PKI diseluruh penjuru negeri. Dari situlah muncul keinginan salah satu pemuda untuk memutarkannya. Rapat yang dilakukan para pemuda ini terbilang mendadak, karena cuma dilakukan sehari sebelum pelaksaan dengan durasi yang singkat pula. Dan semua pelaksanaannya bisa terlaksana dengan rapi.

Tujuan saya sama kayak Panglima TNI, yang pertama untuk memberikan pemahaman sejarah, yang kedua untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada masyarakat dan yang terakhir agar masyarakat menjauhi dan membenci PKI” tandas Noer Asnan selaku Pembina karang taruna saat ditemui setelah acara. Awalnya para pemuda ini juga akan menyeragamkan dengan daerah lain soal waktu pelaksanaannya namun karena keterlambatan alat yang masih mengantri pun menjadi alasan kenapa nobar atau nonton bareng ini dilakukan pada tanggal 1 Oktober. Meskipun begitu peminatnya cukup banyak, seperti dari tetangga sekitar dan tetangga dusun yang lain. Antusiame warga dalam acara ini terbilang besar, karena acara yang demikian ini jarang diadakan dan bahkan tidak pernah sama sekali. “ini namanya layar tancap, kalo dulu sering dilakukan di lapangan ” ujar salah satu warga.

Acara yang dimulai dari pukul 19.00 – 22.30 WIB ini membawa efek yang positif buat masyarakat sekitar. Tidak hanya tentang keilmuan yang didapat, tetapi para warga pun bisa saling bersilaturahmi. Para pemuda karang taruna ini teramat peka dengan warganya. Mereka tahu kalau acara ini akan berlangsung lama, dan mereka menggunakan uang kas bulanannya untuk memberikan sedikit cemilan berupa gorengan dengan dibarengi kopi hangat yang seolah-olah membuat para warga nyaman untuk tetap meilhatnya.(Dzikril)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.