Iksan Ngalah Jabodetabek, gelar silaturahim peringati Hari Santri 2017

""

Portalarjuna.net-Iksan ngalah Jabodetabek, hari ini (16/10/2017) gelar silaturahim di Asrama Wing 1 TNI AU, Halim Perdana Kusuma-Jakarta Timur.

Silaturahim tersebut merupakan program kerja special yang dihelat untuk merumuskan metodologi peringati Hari Santri 2017.  Sebelumnya, Hari Santri ditetapkan sebagai hari nasional pada 2015 lalu melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Banyak kalangan berpendapat bahwa Kepres tersebut merupakan pengakuan negara terhadap peran Kiai dan Santri dalam melawan penjajah yang bertepatan dengan resolusi jihad Mbah KH. Hasyim pada tanggal 22 Oktober.

“Sebagai santri kita patut berbangga hati. Tetapi bangga saja tidaklah cukup, bila tidak ditindak lanjuti-mengisinya dengan hal-hal positif”. Ungkap Ahmad Hamzah, Ketua PW Iksan Ngalah Jabodetabek.

Santri berpostur tegap itu menambahkan, “Hari Santri ini kita sikapi dengan reflektif, bahwa santri sama tupoksinya dengan TNI, hanya berbeda pada metodologi perjuangannya. Keduanya, bersepakat bahwa NKRI adalah Harga Mati”.

Hadir pada kegiatan tersebut puluhan anggota TNI AU dan sejumlah anggota keluarga besar Iksan Ngalah Jabodetabek.

Silaturahim itu menghasilkan beberapa program kerja antara lain: pertama, Wisata Religi, disamping hal ini merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Nabi, kegiatan ini jug sebagai wujud kecintaan dan dalam rangka meneladani ulama. Adapun pelaksanannya pada akhir November 2017.

Kedua, Iksan Ngalah Jabodetabek akan mengisiasi Silaturahim Nasional (SILATNAS IKSAN NGALAH I). Kegiatan tersebut (Insya Allah) akan diselenggarakan di penghujung tahun 2017 ini. Silatnas ini akan dihadiri oleh perwakilan Pengurus Cabang dan Pengurus Wilayah Iksan Ngalah Se-Indoensia untuk mensikapi isu-isu nasional seperti intoleransi, keummatan, dan social-politik serta meneguhkan kembali maklumat pengasuh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Seperti tradisi di Pondok Pesantren Ngalah, silaturahim itu pun diawali dengan pembacaan surat Yasin, Sholawat Nariyah dilanjutkan pembacaan Manaqib. Kegiatan itu berlangsung sehari dan berakhir dengan sukses.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.