Peringati Hari Santri, PCNU Pasuruan Gelar Expo Khazanah Intelektual Ulama & Pesantren

""

Portalarjuna.net-Peringati Hari Santri Nasional, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengadakan peringatan hari santri. Berbagai rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan mulai tanggal 27 September 2017 pekan lalu, Salah satu rangkaian acara dalam kegiatan ini adalah  adanya Expo Khazanah Intelektual Ulama Dan Pesantren. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, dimulai dari tanggal 30 – 31 Oktober 2017 di Kawasan Wisata Religi Masjid Cheng Hoo, Jalan Kasri No.18, Petungasri, Pandaan, Pasuruan.

“Acara ini dilaksanakan selama dua hari, dilaksanakan mulai hari senin sampai selasa tanggal 30-31 Oktober. kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, namun ada juga yang dilaksanakan setiap sesi” Pungkas Makhfud Syawaludin selaku sekretaris LAKPESDAM PCNU Kabupaten Pasuruan.

Serangkaian acara yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu Pameran Manuskrip Kuno koleksi Mas Erwin Dian Rosyidi,  Bazar Buku keagamaan dan umum , Pameran Ekonomi Kreatif Pesantren yang bekerja sama dengan HIPSI (Himpunan Pengusaha Santri) , Gelar Karya dari PSP yang bertema “Pesantren Story On Photography”.

Dalam keterangan nya, Makhfud juga menjelaskan berbagai rangkaian acara yang dilakukan setiap sesi.

“Kegiatan ini juga ada yang dilakukan setiap sesi , acara tersebut meliputi Sarasehan mengenai Khazanah Intelektual Ulama dan Pesantren, Senin (30/10) pagi, Fasilitasi Pengelolaan Website di laksanan Senin (30/10) siang, Nobar film Sang Kyai dan Soft Launching Buku “Jihad NU Melawan Korupsi” di laksanakan Selasa (31/10) pagi dan Madrasah Desain yang akan di laksanakan pada Selasa (31/10) siang”. Jelasnya

Selain salah satu rangkaian kegiatan untuk Memperingati Hari Santri, Acara Expo ini diadakan dengan tujuan untuk mempertunjukkan kepada masyarakat bahwa para leluhur mempunyai peradaban yang sangat tinggi dan tidak hanya itu, Masyarakat bisa mengenal buku karya ulama dan pesantren yang ada di Kab Pasuruan.

“Tentu saja tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperingati Hari Santri, karena hari santri berbicara soal sumbangsih ulama dan santri terhadap kemerdekaan Indonesia, Selain itu kita ingin mengenalkan karya ulama dan Pesantren di Pasuruan mempunyai karya karya menarik yang perlu diketahui banyak orang, Seperti Pesantren Ngalah ada Kitab Sabilul Muttaqin, Sabilus Salikin dll ” Paparan dari Makhfud.(er)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.