Pasuruan, Jawa Timur
Kamis, 25 April 2024

Salah Satu Sungai di Prigen yang Sangat Mujarab Manfaatnya

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Portalarjuna.net-Sungai memang sering di manfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari khususnya untuk para petani mengairi sawahnya, namun berbeda dengan sungai pada umumnya, sungai Jambe atau biasa di sebut dengan kali Jambe oleh warga setempat tepatnya di Dsn Lumangsih Kec Prigen Kab Pasuruan kamis, (12/10/2017)

Kali Jambe mengandung sumber air yang sangat bermanfaat sekali di dalamnya, sumber kali Jambe ini sudah ada pada zaman sesepuh desa zaman dahulu, di samping sumber ini tumbuhlah banyak sekali tanaman pohon jambe, Menurut Kholil salah satu warga Dsn. Lumangsih mengungkapkan bahwa “pertama kali saya tau memang namanya kali Jambe, dulu sumber ini  sering di buat mandi sekaligus sholat oleh warga dan di sampingnya sini juga ada batu besar untuk di buat sholat namun seiring berjalannya waktu pohon-pohon jambe yang tumbuh sudah hilang sekaligus batunya juga, akhirnya saya tanami lagi satu pohon jambe di samping sumber ini, sumbernya saat itu masih sangat kecil akhirnya saya dengan teman-teman padepokan gema qolbu bergotong royong secara langsung untuk memperbaiki, serta mengindahkan sumber ini” ujarnya.

Hingga sekarang pun tidak jarang warga Dsn. Lumangsih yang datang untuk mengambil dan menggunakan air di dalamnya. Masyarakat Dsn. Lumangsih memang tidak sepenuhnya membantu dalam memperbaiki kali Jambe, namun mereka mendukung penuh atas perbaikan sumber kali Jimbe ini.(dyah)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Tulisan Terakhir

Advertorial