Santri Ngalah Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Lewat Es Buah

""

Portalarjuna.net-Berawal dari hasil kreatifitas santri pondok pesantren  Ngalah, adanya lapak es buah ini merupakan salah satu pengembangan dari kantin asrama E & F yang biasa disebut kantin pojok. Lapak itu dibuat dengan tujuan menyenangkan hati Gus Yus selaku pengasuh asrama E & F. “ya cuma ingin menyenangkan hati bos “ ujar Anwar selaku penanggung jawab kantin.

Lapak es buah ini dibuat untuk memikat anak-anak sekolahan termasuk anak SMK Darut Taqwa yang lebih dekat dengan tempat jualan. “kantin yang berada di area SMK belum jadi karena masih dalam proses pembangunan, makanya saya berani mendirikannya. Sayang, apa yang di targetkan tidak tepat sasaran, karena gerbang sekolah SMK tidak pernah dibuka. Tetapi dari ketidaktepatan itu muncul pembeli-pembeli yang lain yang tak diduga sebelumnya. Seperti anak SMP, MTs, SMA Darut Taqwa yang lalu lalang dan tak ketinggalan juga pastinya anak pondok sendiri ” tegasnya.

Modal yang dikeluarkan dalam pembangunan lapak tersebut bisa dibilang kecil, karena sebagian alatnya berasal dari dalam kantin. Termasuk etalase yang digunakan, berasal dari ndalem (rumahnya Gus) yang tidak terpakai sebelumnya. Tidak hanya beralasan mencari uang, tapi Anwar juga menegaskan agar usaha semacam ini bisa diteruskan dirumah. “supaya santri pondok Ngalah bisa berwirausaha saat sudah keluar dari pondok”  jelasnya saat ditemui di kantin pojok.

Baru dibuka tanggal 4 November kemarin dan sudah ramai pembeli. Dalam sehari penghasilan yang didapat bisa mencapai 150.000 dan jika di total selama 2 hari hasilnya sudah mencapai 300.000 rupiah. Bisa jadi karena harganya yang terbilang murah, semisal harga Ice blend 3.000 rupiah dan berbagai jus buah 4.000 rupiah. Harga tersebut cukup terjangkau buat para santri dan anak sekolahan.”Tempatnya yang strategis bagi anak yang lalu lalang, dekat dan tidak perlu jauh-jauh keluar untuk membeli es dan jus buah” ujar Odi selaku penjaga lapak.(Dzikril)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.