Air Terjun Abadi

""

Portalarjuna.net- Prigen, kamis (01/03/18) Air terjun abadi atau yang biasa di sebut air terjun Putuk Truno ini adalah salah satu wisata alam yang berada di daerah Prigen Pasuruan. Lokasi wisata air terjun ini tidak terlalu jauh dengan jalan utama Prigen, jarak antara lokasi wisata dengan jalan utama sekitar 500m. Wisata ini adalah wisata alam milik Perhutani Kota Pasuruan, tempat wisata ini masih dalam lindungan Perhutani karena termasuk dalam hutan lindung.

Menurut keterangan Totok selaku staf wisata air terjun Putuk Truno nama Putuk Truno yaitu berasal dari bahasa Jawa “Putuk” yang artinya gunung kecil atau tempat yang lebih tinggi dari sekitarnya dan “Truno” sendiri berasal dari nama Joko Toruno.

Air terjun Putuk Truno banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk berwisata mengunjungi tempat wisata tersebut. Menurut bapak Faldi selaku pengelola wisatawan yang datang mencapai kurang lebih 35 pengunjung pada hari-hari biasa dan bisa sampai 200 pengunjung pada hari libur. Faktor utama yang mempengaruhi banyak dan tidaknya pengunjung yaitu tergantung cuaca. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, pengunjung dapat menikmati keindahan alam air terjun sepuasnya hanya dengan Rp.10.000 perorang.

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun Putuk Truno tidak hanya dari wisatawan lokal saja akan tetapi ada juga wisatawan dari mancanegara. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan data pengunjung selama tahun 2017, kurang lebih ada 156 wisatawan asing yang sudah berkunjung ke air terjun tersebut. Wisata air terjun Putuk Truno ditemukan mulai tahun 80an, unda-undi dengan ditemukannya Air Terjun Kakek Bodo yang berlokasi diatas Air Terjun Putuk Truno. (Ton)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.