Delman, Transportasi Tempo Dulu yang Beroperasi Sampai Sekarang

""

Portalarjuna.net- Wonorejo, kamis (01/03/18) Dokar merupakan alat transportasi yang pada tempo dulu sebuah harta yang sangat mewah. Tidak dengan sekarang, semua orang memiliki alat transportasi modern roda empat atau roda dua dari berbagai merek dan bentuk. Namun, delman ini ternyata masih eksis sampai sekarang. Bahkan masih bisa kita temui di berbagai wilayah seperti di Wonorejo Pasuruan.

Meskipun sudah tidak banyak orang memakai alat transportasi ini. Namun, terdapat beberapa orang yang justru masih melestarikan alat transportasi ini sebagai alat utama mata pencahariannya salah satunya adalah Bisri. Ia mengatakan bahwa alasannya memakai alat transportasi dokar ini sebagai alat mata pencahariannya adalah untuk sembari melestarikan warisan dari nenek moyangnya terdahulu yang diturunkan untuknya.

Biasanya ia menarik harga ke penumpang sebesar 20 ribu untuk sekali antar, ini melihat dari berapa jauh jarak yang ditempuh.

“Saya menarik tarif sebesar 20 ribu tergantung dari berapa jauh jaraknya. Tapi, biasanya kalau dari pasar Wonerejo ke Desa Tampon saya menarik harga 40 ribu, itu sudah termasuk harga pulang pergi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan selain sebagai alat tranportasi, dokar biasanya digunakan untuk acara perkawinan atau arak-arakan.

“Tidak hanya sebagai alat transportasi, delman juga disewa untuk acara perkawinan dan arak-arakan. Kalau untuk disewa biasaya saya menarik harga 80-100 ribu. Itu tergantung jarak dan waktu yang ditempuh.” jelasnya. (El/Pud)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.