Target PPBA Asrama I: “Member Sangat Diharapkan Bisa Jadi Good Speaker”

""

PortalArjuna.net– Pasuruan, Kamis (1/3/2018)Program pengembangan bahasa asing (PPBA) yang diperuntukkan bagi mahasiswa asrama I telah berjalan selama 3 tahun, terhitung dari awal pembentukan pada 20 oktober 2014. Program ini memiliki dua bahasa penjurusan yakni bahasa arab dan inggris. Seluruh member berasal dari santri asrama i dan didominasi oleh mahasiswa semester awal.

PPBA adalah program bahasa pertama yang dimiliki asrama i dari sekian banyak asrama yang terdapat di Pondok Pesantren Ngalah. Meskipun beberapa asrama terlihat ikut membentuk program serupa, namun penyebarannya belum cukup merata. Ketua umum PPBA, Riris Athadina  menyampaikan harapannya agar seluruh asrama memiliki program pengembangan “aku dari dulu pengen mengenalkan PPBA di Pesantren Ngalah ga hanya di asrama I saja, ga hanya dikenalkan tapi juga pengen bisa beraplikasi di tiap asrama” jelasnya.

Member jebolan PPBA diharapkan dapat berbicara di depan publik dengan menggunakan bahasa asing, lebih-lebih menjadi good speaker nantinya. Karena itu metode yang digunakan tiap tahunnya berbeda dilihat dari member dan hasil evaluasi dari metode yang telah dilakukan sebelumnya. “selama 3 tahun ini metode tiap tahun berbeda, menyesuaikan member dan hasil evaluasi di tahun lalu. Di tahun ini lebih ditekankan di public speakingnya, jadi member sangat diharapkan bisa jadi good speaker” tambahnya.

Hingga saat ini member PPBA berjumlah kisaran 70 member lebih, jika digabung antara program bahasa arab dan bahasa inggris. Jumlah member juga dipengaruhi oleh berapa banyak santri mahasiswa yang masuk, karena hal ini bersifat wajib. Saat diwawancarai, salah satu member PPBA bahasa inggris mengaku menikmati proses belajar selama belajar dalam program PPBA “ kadang ada rasa jenuh, tapi jarang. Karena selain materi biasanya kita ada game dari para tutor. Kadang kalau males itu berarti saya yang lagi males emang” jelas  silvi. (Nic)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.