Nikmatnya Nasi Punel Khas Bangil

""

portalarjuna.net- Bangil, Nasi punel merupakan makanan khas dari Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Nasi ini bertekstur lembut dan agak menggumpal. Umumnya nasi punel disajikan di atas piring yang beralaskan daun pisang dan di dampingi dengan taburan serundeng, sate kerang, lento atau menjeng, tahu Bali, irisan daging dan kikil, serta sebungkus kecil kuah yang berisi parutan kelapa dengan santan dan diberi bumbu agak manis. Lauk utamanya bisa disesuaikan dengan selera, ada ikan empal (daging goreng), ayam goreng, telur dadar, paru, dan dendeng, serta sambel ulek pedas yang dicampur dengan irisan kacang panjang. Harga nasi punel pun terjangkau kisaran Rp. 10.000-20.000. (24/04/2018)

Salah satu warung yang masih menjual nasi punel yaitu Warung nasi punel yang berada di sekitaran Pasar Bangil dan telah berdiri kurang lebih selama 50 tahun. Warung tersebut adalah warung yang pertama kali menyajikan nasi punel di daerah Bangil, warung nasi ini dirintis oleh seorang pendatang dari Madura yang menetap di Dusun Bengok Kecamatan Beji dan sekarang usaha ini diteruskan oleh anak dan cucunya.

Menurut keterangan Titin selaku anak dari pemilik warung nasi punel ini mengatakan bahwa warungnya tidak membuka cabang serta buka sebanyak dua kali sehari.  “Warung nasi punel tersebut tidak membuka cabang dimanapun, warung tersebut buka mulai jam 7 pagi sampai jam 2 siang serta buka kembali jam 4 sore sampai jam setengah 10 malam,” tuturnya.

“Memang sekarang di daerah bangil banyak bermunculan warung-warung nasi punel, akan tetapi yang paling enak dan nikmat ya hanya disini,” terang salah satu pelanggan nasi punel warung pojok. (Ton)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.