Prof. Dr. KH. Marzuki Mustamar: Pemimpin Umat harus Alim dan Arif

""

Portalarjuna.net-Kriteria Rois Syuriyah sebagai Pemimpin Umat haruslah seseorang yang Alim (religius), Arif (bijaksana), dan Ikhlas.

“Seorang pemimpin hendaknya ‘alim, ‘arif, serta sudah tidak tergantung dengan adanya duniawi, sehingga tidak menyebabkanya menjadi budak dunia yang kemudian dapat berjuang dengan khidmat” tutur Prof. Dr. KH Marzuki Mustamar menggunakan Bahasa Arab dalam Pembukaan Sidang Pleno Musyawarah Idaroh (MUSDA) ke-4 Jam’iyyah Ahlith Thoriqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Idaroh Wustro Jawa Timur di Aula Pancasila Universitas Yudharta Pasuruan sebagaimana dikutip kembali oleh Agus Syamsul saat menjadi Pembicara dalam acara tersebut (31/03/2018).

Menurut Kiai Marzuki, terpenuhinya kriteria tersebut akan menghilangkan adanya politik praktis.
“Yang dihawatirkan politik praktislah yang menjadi konsekuensi pratis jika syarat-syarat tesebut kurang terpenuhi. Dari situ sudah jelas bahwa yang diharapkan dari seorang pemimpin adalah beliau yang mementingkan kepentingkan ummat sebelum dirinya sendiri”, imbuhnya dalam pidato Bahasa Arab yang sudah diterjemahkan oleh Wartawan Media Informasi Ngalah (MinNa) Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan tersebut.

Dalam sidang tersebut dihadiri oleh 39 Idaroh Syu’biyyah dari 40 kelompok Jamaah Idaroh Syu’biyyah. Banyaknya perwakilan yang hadir tersebut, peserta berharap untuk ketua yang akan datang akan tetap membawa mereka dalam arah kesuksesan tanpa adanya politik praktis yang merupakan komitmen dari Jatman Jatim NU.

(Maulida/MinNa)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.