Sambut Hari Santri, Ini Harapan H. Agus Muhammada Kepada Seluruh Santri Ngalah

""

Dokumentasi Upacara hari santri Yayasan Darut Taqwa (22 Oktober 2019)

Portalarjuna.net,-Pasuruan, Hari santri merupakan penghargaan pemerintah terhadap peran para santri yang ikut memperjuangkan kemerdekaan indonesia. Untuk memperingati hari santri Yayasan Darut Taqwa menggelar acara tahunan yaitu upacara hari santri pada tanggal 22 Oktobe 2019.

Upacara hari santri ini di hadiri oleh pembina yayasan, santri, kalangan pelajar, mahasiswa, serta dewan guru yayasan darut taqwa. Tidak hanya itu panitia penyelenggara upacara ini mengundang Muspika kecamatan Purwosari. Pada saat upacara, H. Agus Muhammada menyampaikan amanatnya kepada seluruh santri.

Pembina upacara dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada semua santri bahwa “Santri harus bisa mengambil peran untuk bisa meneruskan jejak para kiyahi,ulama’ dan para pahlawan yang telah mendahului kita. Sejatinya santri itu harus mempunyai karakter yang di wujudkan maknanya dari kata santri” ujar Gus Mada

Kini para santri di harapkan dapat meneladani semangat jihad cinta tanah air, mengabdi pada negara, sebab berjuang membela tanah air itu wajib.

identitas seorang santri, dapat di jabarkan dari makna perhuruf yang ada pada kata Santri”. Terang beliau

Kata santri dalam bahasa arab terdiri dari 5 huruf yaitu, Sin, nun, ta’, ro’, dan ya’. Huruf Sin Saafiqul Khoir pelopor kebaikan dimanapun ia berada. Kemudian penjabaran dari huruf nun nasibul Ulama’ (penerus Ulama) bahwasannya santri merupaka para kader yang kelak di harapkan akan menjadi penerus para ulama. Taarikul ma’asih meninggalkan maksiat penjabara dari huruf Ta’.

Sedangkan huruf Ro’ dan ya’ di jabarkan sebagai syarat yang harus di miliki oleh santri, yaitu Ridho Allah dan Sifat Yaqin. Kelima hal inilah, yang harus di jadikan karakter dan syarat yang di miliki para santri agar bisa berhasil dalam mencapai kehidupan di dunia maupun di akhirat. (Intn)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.