Masuki Musim Pengujan Petani di Sengonagung Mulai Siapkan Lahan Tanam Padi

""

Foto diambil saat petani membajak sawah (05/12)

Portalarjuna.net,-Pasuruan, Memasuki musim penghujan beberapa petani di Sengonagung, Purwosari mulai menyiapkan lahan untuk menanam padi mulai membajak sawah hingga menyemaikan benih padi.

Musim penghujan telah tiba, hal ini menjadi suatu dorongan bagi para petani untuk mulai turun ke sawah dan bercocok tanam. Meski datangnya hujan tidak menentu akan tetapi kebutuhan air untuk petani terutama di daerah Sengonagung ini sudah tercukupi.

Menurut Ahmad (50), warga Dusun sengon RT 01 RW 02 , Desa Kembang Kuning, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan saat ini sudah memasuki musim laboh (tanam padi) di tandai dengan turunnya hujan dibeberapa waktu sepanjang bulan November kemarin.

Kalau menurut perkiraan saya, bulan ini(Desember) sudah memasuki musim tanam padi. Terhitung di bulan November kemarin sudah turun hujan satu atau dua kali” ujar ahmad saat wawancara.

Saat ini sudah banyak petani yang menyiapkan lahan mereka untuk menyemaikan benih padi. Mulai dari menggarap lahan kosong bekas p0anen dengan membajak dan mencangkul, ada juga yang sudah sampai hingga tahap penanaman benih padi di klahan siap tanam.

ada petani yang baru mencangkul sawah mereka lantaran baru diguyur hujan, ada juga yang sudah setengah jalan, sudah sampai menyemai benih bahkan menanam padinya” sambung Ahmad. (Asyrafi)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.